travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Nikmatnya Kuliner Musim Panas Di Jepang

Nikmatnya Kuliner Musim Panas Di Jepang


Jepang adalah negara beriklim sub tropis yang memiliki empat musim. Musim semi, panas, gugur, dan dingin yang hampir sama seperti kebanyakan negara lain. Namun tidak setiap negara memiliki keunikan dalam hal kuliner. Di Jepang setiap musim meiliki keunikan tersendiri yang dilengkapi sajian kuliner menarik. Berikut adalah beberapa sajian favorit di Jepang yang nikmat saat disantap di musim panas.

Kuliner Khas Musim Panas Di Jepang


Makanan Soba
Nikmatnya Kuliner Musim Panas Di Jepang

Soba adalah mie khas Jepang yang terbuat dari tepung soba. Soba dapat disajikan hangat dengan kuah kaldu maupun ditiriskan untuk kemudian disajikan dingin. Soba dingin biasanya disajikan dalam semacam tempat yang dinamakan zaru, sehingga muncullah  istilah zaru soba. Soba dingin biasanya diberi taburan aonori diatasnya.

Cara menyantap zaru soba mirip dengan soumen, yaitu dicelupkan ke dalamtsuyu, namun bedanya tsuyu yang terbuat dari kaldu katsuobushi atau kanbu ditambah koeshi (semacam kecap) dan mirin. Wasabhi, bawang, wakame, dan jahe parut juga terkadang dicampurkan untuk mendapat bau yang lebih kuat.

Makanan Yakitori
Makanan Yakitori Jepang

Makanan Yakitori ini lebih familiar dengan kata “sate” di dunia global. Terbuat dari daging ayam dan dipanggang diatas batu arang, namun yang berbeda adalah ukuran dagingnya. Daging ayam untuk yakitori memang diiris lebih besar. Setelah daging ayam diiris dan ditusukkan ke tusuk bambu, yakitori mentah biasanya dibumbui dengan saus tare yang terbuat dari mirin, sake, kecap dan gula setelah itu dibakar.

Setelah matang yakitori, biasanya disantap dengan garam, perasan air jeruk, atau bisa juga dicelupkkan ke saus tare. Selain daging ayam, hatsu (hati ayam), sunagimo (ampela ayam), torikawa (kulit ayam), tebasaki (sayap ayam), bonjiri (ekor ayam), juga sering dijadikan isian dalam yakitori.

Makanan Kayabaki
Makanan Kabayaki

Kabayaki adalah makanan yang terbuat dari filet seafod yang dicelup ke saus manis sebelum dipanggang. Namun istilah ini sekarang lebih mengarah pada unagi kabayaki (belut panggang). Sejak jaman edo, masakan belut panggang populer saat musim panas. Karena mengandung banyak nutrisi dan dipercaya dapat mengembalikan stamina.

Di kanto, belut dibelah dari punggung dan dikukus dahulu sebelum dipanggang berbeda dengan daerah kansai, dimana belut dibelah dari sisi perut dan langsung dipanggang tanpa dikukus. Meski unagi kabayaki bisa dimakan begitu saja, namun tak jarang disajikan bersama nasi. Bila keduanya disajikan dalam mangkuk, maka disebut unadon (unagi donburi), sedangkan bila disajikan dalam semacam bentou bako (kotak), maka disebut unaju.

Es Kakigori
Es Kakigori Jepang

Kakigori adalah es serut yang diberi sirup warna warni dengan berbagai macam rasa. Kakigori sangat populer saat musim panas karena bisa menghilangkan haus saat matahari sangat panas di siang hari. Sirup yang biasa digunakan untuk memberi rasa kakigori adalah sirup strawberry, cerry, lemon, teh hijau, anggur, melon, plum manis dan sirup. Untuk memperkuat rasa manis, kadang ditambahkan pula susu kental manis diatasnya. Kakigori disajikan dalam mangkuk atau gelas dan  untuk memakannya kita membutuhkan sebatang sendok. 

Makanan Soumen
Makanan Soumen Jepang

Soumen adalah mie khas jepang yang berwarna putih dan sangat tipis. Ukuran diameter soumen biasanya kurang dari 1,3 mm. Soumen biasanya disajikan dingin, bersama semangkuk tsuyu atau kuah kaldu. Sebelum dimakan soumen dicelupkan ke dalam tsuyu, bukan disiramkan. Kuah kaldu yang digunakan terbuat dari kaldu katsuobushi ditambah bawang dan myouga (jahe jepang). Saat musim panas tiba, soumen disajikan dengan es, supaya tetap dingin saat disantap. Soumen dingin adalah salah satu menu favorit saat musim panas. Selain disajikan dingin, soumen juga bisa disajikan hangat (nyuumen) namun tentu saja tidak umum disajikan pada musim panas.

Nagashi Soumen
Nagashi Soumen Jepang

Beberapa restoran menyediakan nagashi soumen (flowing soumen) yaitu menyuguhkan soumen dengan cara dialirkan melalui saluran khusus yang terbuat dari bambu. Saluran tersebut mengalirkan air es dan soumen akan dialirkan setelahnya. Saat soumen melintas, para pengunjung akan menangkap soumen tersebut dengan sumpit dan mencelupkannya ke dalam tsuyu sebelum dimakan.

Menangkap soumen yang mengalir bukanlah  hal yang mudah dan tentu saja membutuhkan kecepatan. Soumen yang tidak tertangkap dan mengalir hingga ujung saluran bambu biasanya tidak akan dimakan, jadi para pengunjung dipaksa untuk menangkap soumen sebanyak mereka bisa.

Paket Tour Jepang Halal


Musim panas di Jepang akan sangat menyenangkan untuk Anda, jika Anda ingin mengambil destinasi jepang untuk menghabiskan musim liburan jangan ragu untuk mengikuti Promo Paket Tour Muslim Jepang Cheria Wisata ya.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^


Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera hubungi cs kami.


» Thanks for reading Nikmatnya Kuliner Musim Panas Di Jepang