travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Makanan Favorit Orang Jepang Saat Musim Semi

Makanan Favorit Orang Jepang Saat Musim Semi


Dalam banyak hal Jepang berbeda dengan Indonesia. Termasuk dalam soal musim yang mana Jepang memiliki empat musim, sedangkan Indonesia hanya ada dua: kemarau dan penghujan. Pergantian empat musim dalam satu tahun (semi, panas, gugur dan musim dingin) tentu memberikan pengaruh cukup signifikan dalam ritme kehidupan masyarakatnya.

Yang paling terasa ialah perubahan pada dua hal: pakaian dan makanan. Dalam soal pakaian, ketika musim dingin tiba maka orang-orang Jepang harus menggunakan pakaian tebal yang berlapis-lapis. Sedangkan ketika musim panas, cukup dengan sehelai pakaian tipis saja sudah cukup kepanasan. Disamping soal pakaian, yang juga cukup terasa perubahannya ialah soal makanan. Perubahan musim sangat menentukan ketersediaan makanan.

Makanan Favorit Orang Jepang Saat Musim Semi
Makanan Favorit Orang Jepang Saat Musim Semi

Apa makanan di musim semi? Musim semi waktunya tunas-tunas baru bermunculan. Pun termasuk dengan bunga-bunga. Musim semi merupakan saat tepat untuk menonton bunga sakura atau yang disebut dengan hanami.

Nah, tunas-tunas yang bermunculan tersebut banyak dijadikan sumber makanan. Orang Jepang menyebut tunas-tunas yang bermunculan tersebut dengan sansai yang artinya sayuran gunung. Tunas-tunas baru tersebut variasinya sangat banyak dan tergantung daerahnya. Yang paling populer ialah pucuk udo. Sayur-sayur itu biasanya digoreng dengan tepung bersama dengan umbi-umbian.

Rebung
Rebung Khas Jepang

Tak jarang mereka juga memasaknya dengan cumi dan udang. Sayuran yang bisa dijumpai ketika musim semi salah satunya kucai atau nira. Kucai paling maknyus kalau ditumis atau dibuat omelet. Lalu masih ada sayuran lainnya seperti rebung yang bisa dimasak dengan berbagai cara, misalnya saja ditanak dengan nasi.

Asari
Asari Khas Jepang

Lalu, makanan laut yang biasa dijumpai ketika musim semi ialah asari, atau sejenis kerang. Asari ini paling enak kalau dijadikan isi untuk sup miso. Enak juga direbus dengan sake (sakamushi). Atau bagi orang Indonesia bisa juga dibuat gulai kerang dengan bumbu khas nusantara.

Berani mencoba? Mau melihat Bunga Sakura di Jepang? Yuk ikuti Paket Tour Wisata Muslim Jepang bersama Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^


Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Makanan Favorit Orang Jepang Saat Musim Semi