travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Serunya Piknik Saat Hanami Di Jepang

Serunya Piknik Saat Hanami Di Jepang


Hanami (花見) atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. Kata hanami berasal dari bahasa jepang hana(花) yang artinya bunga dan mi (見) yang artinya melihat. Selain itu, hanami juga berarti piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan seperti makan sushi dan lain lain di bawah pohon sakura.

Hanami Di Jepang


Hanami Di Jepang
Serunya Piknik Saat Hanami Di Jepang

Tradisi hanami ini sebenarnya bukan asli dari Jepang, melainkan diadopsi dari masyarakat Cina yang memiliki kebiasaan melihat mekarnya bunga plum di musim semi. Di Jepang, kebiasaan itu diadopsi sejak ratusan tahun lalu. Banyak yang mengatakan tradisi hanami dimulai sejak periode Nara (710-784 SM). Namun bedanya di Jepang, hanami lebih difokuskan pada keindahan dan pendeknya rentang waktu mekarnya bunga sakura. Saat itu orang Jepang percaya bahwa di dalam setiap pohon sakura bersemayam dewa-dewa. 

Saat musim dingin, para dewa pergi ke gunung. Mekarnya sakura diartikan bahwa dewa-dewa telah turun dari gunung dan membawa angin musim semi. Saat itulah, para petani bersiap untuk mulai menanam sawah mereka. Masyarakat Jepang kemudian berkumpul di bawah pohon sakura, dan menawarkan berbagai sajian bagi para dewa. Mereka juga makan dan minum bersama sebagai bagian dari upacara menghormati kedatangan sang dewa.

Bagi masyarakat Jepang pelaksanaan hanami  memiliki arti yang sangat penting dan khusus, selain itu juga mempunyai tiga arti penting yang lain, yang pertama adalah selesainya musim dingin yang benar benar berat. Boleh dikatakan saat hanami adalah saat mengatakan goodbye winter. Yang kedua, publik Jepang merayakan datangnya musim semi yang hangat.  Musim semi juga merupakan musim tanam padi bagi petani di Jepang.

Publik Jepang sangat senang dengan musim semi karena memang udaranya pas dan enak sekali. Yang ketiga, hanami bisa dikatakan adalah salah satu saat silaturohmi yang tepat dengan keluarga atau rekan yang jarang bertemu. Jadi moment hanami juga digunakan untuk merekatkan kembali tali persaudaraan dengan keluarga, rekan kerja dan teman teman lama..

Indahnya Bunga Sakura
Indahnya Bunga Sakura Jepang

Pohon sakura mekar di Jepang dari akhir Maret hingga awal April (kecuali di Okinawa dan Hokkaido). Prakiraan pergerakan mekarnya bunga sakura disebut garis depan bunga sakura (sakurazensen). Prakiraan ini dikeluarkan oleh direktorat meteorologi dan berbagai badan yang berurusan dengan cuaca. Saat melakukan hanami adalah ketika semua pohon sakura yang ada di suatu tempat bunganya sudah mekar semua.

Paket Tour Jepang Murah


Anda dapat berwisata ke Jepang untuk menyaksikan Matsuri ini, hubungi Cheria Wisata untuk membantu Anda melakukan perjalanan ke Jepang dengan Paket Tour Muslim Jepang Cheria Wisata, serta membantu Anda untuk memilih tanggal keberangkatan sebelum Matsuri.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^


Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Serunya Piknik Saat Hanami Di Jepang