12/21/2016

10 Destinasi Wisata Populer Di Turki

10 Destinasi Wisata Populer Di Turki


Tempat wisata di Turki bukan cuma indah, tapi kebanyakan tempat wisatanya juga menyimpan banyak cerita yang mungkin bisa menambah pengetahuan. Tak heran, kalau banyak wisatawan dari berbagai negara rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk bertandang ke negara Kemal Attatuk yang menyimpan banyak sejarah Islam ini. Tentunya, semua budget yang dikeluarkan tak akan jadi masalah karena akan terbayar dengan keindahan yang ada di negara ini. Nah ini dia ulasan tentang tempat wisata di Turki yang sering dikunjungi para wisatawan.

1. Aya Sofya atau Hagia Sophia, Istanbul


Aya Sofya atau Hagia Sophia di Turki adalah bangunan indah bekas gereja dan juga masjid yang sekarang menjadi museum. Bangunan bergaya arsitektur Byzantine ini terletak di kota Istanbul, Turki, dan merupakan salah satu landmark paling terkenal di negara ini. Hagia Sophia dibangun antara tahun 532-537 oleh kaisar Bizantin, Justinian, dan dirancang oleh 2 ilmuwan asal Yunani. Sejak selesai dibangun, Hagia Sofia merupakan sebuah gereja orthodox, hingga akhirnya diubah menjadi masjid saat kota Konstantinopel (sekarang Instanbul) jatuh ke tangan kekuasaan kekaisaran Ottoman (Ustmani) dibawah pemerintahan Sultan Mehmed II.

Aya Sofya atau Hagia Sophia di Turki
Aya Sofya atau Hagia Sophia di Turki

Sejak saat itu, Hagia Sophia merupakan masjid utama kota Istanbul, sampai akhirnya dibangun masjid yang lebih besar di dekatnya, yaitu Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque) yang memiliki bentuk mirip karena memang terinspirasi dari bentuk dan arsitektur Hagia Sophia. (Tapi jangan tertukar ya antara Hagia Sophia dan Blue Mosque (Masjid Biru)). Dan fungsi Hagia Sophia sebagai masjid pun akhirnya berakhir pada tahun 1931 saat bangunan ini ditutup untuk umum selama 4 tahun. Hagia sophia kemudian dibuka kembali pada tahun 1935, setelah diubah menjadi museum oleh presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk.

2. Masjid Biru atau Masjid Sultan Ahmet


Sultan Ahmet Camii atau Masjid Sultan Ahmet adalah masjid indah bersejarah yang terletak di Istanbul, Turki. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid biru atau Blue Mosque karena dinding interiornya dihiasi dengan 20.000 ribu keping keramik biru. Blue Mosque dibangun pada tahun 1616 pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I dan memiliki perpaduan gaya arsitektur Islam dan klasik Ottoman. Masjid ini memiliki bentuk mirip Hagia Sophia dengan banyak kubah yang terlihat bertumpuk-tumpuh dan menara di kedua sisinya. Total terdapat 9 kubah (1 kubah utama dan 8 kubah sekunder) dan 6 menara di masjid ini.

Masjid Sultan Ahmet
Masjid Sultan Ahmet

Berbeda dengan Hagia Sophia diseberangnya yang telah beralih menjadi museum, Blue Mosque masih aktif digunakan sebagai masjid dan merupakan masjid utama di Istanbul. Selain interiornya yang indah dan dihias dengan banyak keramik dan lampu-lampu, Masjid Sultan Ahmed juga memiliki halaman yang luas yang semakin menambah kemegahan masjid ini.

3. Hippodrome (Sultan Ahmet Square)


Hippodrome adalah bekas tempat pacuan kuda era kekaisaran Romawi yang sekarang menjadi taman atau area terbuka yang dikenal sebagai Sultanahmet Square, Sultanahmet Meydani atau At Meydani. Taman ini berada di Istanbul, Turki, dan terletak dalam satu area dengan Basilica Cistern, Blue Mosque, Hagia Sophia. Bangunan Hippodrome yang ada zaman dulu sekarang sudah tidak ada lagi, dan yang tersisa hanya 2 obelisk dan 1 pilar.

Hippodrome
Hippodrome

Di Sultan Ahmet Square juga terdapat sejumlah bangku taman yang bisa Anda gunakan untuk istirahat dan bersantai sejenak setelah selesai berkeliling Hagia Sophia, Blue Mosque, dan Basilica Cistern. Jangan lupa juga lihat German Fountain (Alman Çeşmesi) yang ada di tempat ini. German Fountain atau Kaiser Wilhelm Fountain adalah bangunan air mancur bergaya arsitektur neo-Byzantine yang merupakan hadiah dari kaisar Jerman Wilhelm II. Bangunan air mancur ini terletak di pintu masuk Hippodrome sebelah utara, persis di depan Masjid Biru (Blue Mosque).

4. Topkapi Palace


Topkapi Palace. adalah kompleks istana bekas tempat tinggal sultan Ottoman Turki yang kini menjadi museum. Kompleks istana ini dibangun tahun 1459 pada masa Sultan Mehmed II, dan telah ditinggali oleh para sultan Ottoman Turki selama kurang lebih 400 tahun. Tidak hanya tempat tinggal pribadi sultan, Topkapi Palace juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan dengan para pejabat istana ikut tinggal di area di kompleks ini. Karena itu untuk memenuhi kebutuhan semua penghuni istana, Topkapi Palace memiliki banyak 0bangunan dan fasilitas lengkap seperti sejumlah asrama, sekolah, perpustakaan, masjid, taman, rumah sakit, hingga tangki air bawah tanah raksasa (Baslica Cistern).

Topkapi Palace
Topkapi Palace

Dan salah satu bangunan paling menonjol di kompleks ini adalah bangunan dapur istananya yang besar dan panjang, dengan deretan cerobong asap besar yang membuatnya hampir menyerupai pabrik. Dulu di dapur inilah makanan untuk kurang lebih 4000 penghuni istana disiapkan oleh para staff dapur yang terdiri lebih dari 800 orang. Dapur istana inipun menjadi dapur terbesar pada masa kesultanan Ottoman.

5. Dolmabahce Palace


Dolmabahce
Dolmabahce

Dolmabahce Sarayı atau Dolmabahçe Palace adalah istana kesultanan Ottoman Turki yang terletak di distrik Beşiktaş, Istanbul, Turki, tepat di tepi garis pantai selat Bosphorus. Istana ini merupakan pusat administratif pemerintahan kesultanan Ottoman antara tahun 1856- 1922. Istana Dolmabahce selesai dibangun pada tahun 1856, pada masa pemerintahan Sultan Abdülmecid I, sultan ke-31 dari kesultanan Ottoman. Istana Dolmabahce memiliki luas area 45.000 m2, dan memiliki 285 ruangan, 46 aula, 6 tempat pemandian (hamam), dan 68 toilet. Berbeda dengan istana Topkapi Palace yang memiliki arsitektur tradisional Ottoman dan lebih banyak hiasan ukiran dan keramik, Dolmabahce Palace memiliki gaya arsitetur Baroque yang modern dan mewah, dan lebih banyak didekorasi dengan emas dan kristal. Mirip seperti istana-istana kerajaan di Eropa seperti di Inggris dan Perancis.

6. Pamukkale


Pamukkale
Pamukkale

Tempat wisata di Turki yang satu ini merupakan hasil dari fenomena alam dan banyak menyita mata banyak pengunjung. Jika di lihat sekilas, Pamukkale ini tampak seperti istana kapas karena semua berwarna putih, padahal Pamukkale tersusun dari batu-batuan yang berwarna putih.Traveler yang pernah datang ke Pamukkale mengatakan bahwa saat meginjaknya mereka seperti menginjak salju karena begitu lembut. Di Pamukkale, bisa dengan mudah menemukan kolam-kolam air panas alami yang bisa kamu gunakan buat berendam. Nah salah satu kolam yang paling terkenal adalah kolam renang Hierapolis yang sering dijadikan kolam renang kesehatan.

7. Selcuk


Selcuk
Selcuk

Di Kota Selcuk ini bisa melihat peninggalan sejarah di masa romawi dan Yunani kuno. Selain menjadi tempat berlibur, juga bisa menjadi destinasi wisata sejarah di Turki. Di kota Selcuk, terdapat Library of Celcius yang sudah terkenal lama di Turki. Juga terdapat Kuil Arthemis, The Great Theater, dan Terrace House. Semua peninggalan-peninggalan sejarah tersebut terkumpul menjadi satu di destinasi para traveler yang bernama Ephesus Archaeological Site, yang tepat berada di Kota Selcuk.

8. Konya


10 DESTINASI WISATA POPULER DI TURKI
10 DESTINASI WISATA POPULER DI TURKI

Konya adalah salah satu tempat wisata di Turki yang bisa di jadikan destinasi wisata religi. Disana tak cuma bisa menikmati keindahan-keindahan Turki, tapi juga bisa dapetin pengetahuan baru dari tempat tersebut. Berkunjung ke Konya, bisa melihat bangunan sederhana yang memiliki desain arsitektur yang memukau. Tempat wisata di Turki yang satu ini juga bisa berziarah ke penyair muslim terkenal Turki, yaitu Jalaludin Rumi yang juga merupakan pencipta tarian putar khas Turki yang terkenal sampai ke pelosok dunia.

9. Cappadocia


Cappadocia
Cappadocia

Tempat wisata di Turki yang paling indah lainnya adalah Cappadocia. Merupakan wilayah bersejarah yang ada di Turki dan menjadi destinasi populer bagi para traveler dunia. Disini bisa temukan bentuk batu-batu yang indah serta unik. Juga bisa menaiki balon udara buat ngeliat sekeliling Cappadocia. Kota-kota dan tujuan wisata yang dapat di kunjungi di Cappadocia adalah Urgup, Goreme, Ihlara Valley, Selime, Guzelyurt, Uchisar, Avanos dan Zelve.

10. Jalan Istiqlal


Berjalan-jalan tentu belumlah lengkap kalau tidak berbelanja, maka dari itu, Jalan Istiklal adalah destinasi yang tepat bagi keluarga yang liburan di Turki. Jalan ini memang diketahui menjadi jalan yang diperuntukkan bagi para pejalan kaki, namun tidak hanya sebatas itu, ada banyak area perbelanjaan yang populer di sini. Terbentang di Distrik Beyoglu yang bersejarah, jalan ini memiliki panjang 1,4 kilometer dan berujung pada Taksim Square atau spot jantung pusat ibukota baru. Wisatawan asal mana saja selalu memadati tempat wisata ini, bahkan banyak juga warga lokal yang menghabiskan waktunya berjalan-jalan dan berbelanja di sini.

Jalan Istiklal
Jalan Istiklal

Jalan Istiklal yang menyuguhkan suasana ala Eropa ini adalah tempat yang pas bagi wisatawan untuk menemukan sejumlah bangunan klasik yang elegan, seperti gaya arsitektur nasional Turki, Art Deco, Art Noveau, Beaux-Arts, neo gothic, neo klasik dan renaissance. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa lokasi ini begitu penuh terutama di akhir pekan; bahkan per harinya bisa-bisa ada hampir 3 juta pengunjung yang datang. Galeri seni, toko musik, teater, bioskop, klub malam, toko buku, pub, rumah makan, toko coklat, kafe, toko retail, butik dan toko roti bisa ditemukan semuanya di jalan ini.

Tour Halal Turki


Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan untuk bergabung di Paket Tour Turki anda juga bisa loh Umro PulsTurki bersama dengan Cheria Holiday. Hubungi kami segera untuk mendapatkan info lengkap seputar program umroh regular dan program ibadah lainnya.

Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel jika berminat hubungi cs kami.

logoblog
Previous
« Prev Post

Disini Pasarnya Tour Halal Promo

Disini Pasarnya Tour Halal Promo