Daftar 13 Tempat Wisata Terpopuler di Korea Selatan | Cheria Holiday Daftar 13 Tempat Wisata Terpopuler di Korea Selatan

Daftar 13 Tempat Wisata Terpopuler di Korea Selatan

Daftar 13 Tempat Wisata Menarik & Terpopuler di Korea Selatan


1. NAMI ISLAND


Nami Island adalah salah satu pulau kecil yang sangat terkenal di Korea Selatan. Pulau ini berhasil menjadi salah satu destinasi favorit di Korea Selatan berkat berbagai drama Korea yang berlokasi shooting di sini. Sebagai tempat incaran wisatawan baik lokal maupun luar negeri, pulau ini menawarkan berbagai pemandangan dan suasana indah alamnya yang begitu romantis. Terdapat jejerang pohon-pohon besar yang dijamin membuat perjalanan wisatawan terasa menyenangkan.
Nami Island, Korea
Nami Island

Berlokasi di wilayah Chuncheon-si, provinsi Gangwon-do, tempat ini memiliki taman yang selalu terlihat indah sepanjang tahun. Pada musim dingin putihnya salju membuat wisatawan seperti sedang shooting drama terkenal, Winter Sonata. Ketika musim semi, dedaunan berwarna cerah yang berumbuhan membuat mood menjadi bagus. Lanjut ketika musim panas, hijaunya dedaunan pohon membuat udara menjadi sejuk. Hingga musim gugur, dedaunan yang berguguran disertai warnanya yang merah keemasan benar-benar menciptakan suasana yang sangat romantis.

Ada pula berbagai patung menarik yang pastinya keren untuk difoto. Salah satu yang paling terkenal adalah patung 2 tokoh utama Winter Sonata.

Jika sudah puas berkeliling, jangan lupa untuk menikmati lezatnya hidangan berbagai restoran dan kafe yang ada di sana. Daftar restorannya adalah restoran Korea (Nammoon), restoran keluarga Asia (Dongmun), Di Matteo, Yeonga Lunch Box, Gomok, Nami Island book café, Swing café, Snow café, Sonata café, dan Coffee shop Islana.

2. MOUNT SORAK


Keindahan kawasan ini terbentuk oleh paduan gunung-gunung batu yang merupakan bagian dari pegunungan Taebaek, dengan bukit-bukit hijau, lembah dan air terjun.
Mount Sorak
Mount Sorak

Sebagai taman nasional, Seoraksan menyimpan keanekaragaman hayati yang tersebar di seluruh penjurunya. Beraneka macam tumbuhan dan hewan liar terdapat di sini. Selain itu juga terdapat beberapa cagar budaya yang terpelihara selama ribuan tahun. Karena itu Seoraksan ditetapkan sebagai salah satu Biosphere Preservation District UNESCO.

Pegunungan Mount Sorak
Pegunangan Mount Sorak
Dengan ketinggian sekitar 1.700 m, Mt Seorak menjadi salah satu gunung tertinggi di Korea. Tebing-tebingnya yang berwarna pucat nampak seperti salju abadi. Itulah sebabnya gunung ini dinamakan Seorak (Seol=salju dan ak=gunung besar).

3. SHINHEUNGHSA TEMPLE


Di Taman Nasional Seoraksan, provinsi Gangwon, terdapat sebuah kuil yang merupakan kuil utama dari Ordo Jogje, aliran Budha Korea. Kuil Sinheungsa atau Shinheungsa namanya. Dari kota Seoul ke Taman Nasional Seoraksan memakan waktu sekitar 2,5 jam menggunakan Bus.

Kuil yang dibangun di lereng bukit ini merupakan kuil legendaris berusia lebih dari 1.000 tahun. Sempat mengalami beberapa kebakaran namun dibangun kembali. Sebuah patung Budha berukuran 14,6 meter yang terbuat dari tembaga seberat 108 ton menjadi atraksi utama di kuil ini. Patung yang dinamakan Tongil Daebul ini menggambarkan Sang Budha duduk bersila dengan mata setengah terpejam dan bibir tersenyum tipis, saat Ia sedang bermeditasi. Patung Buddha tersebut dikenal juga sebagai Patung Buddha Pemersatu, di mana patung tersebut menggambarkan harapan orang korea akan bersatunya kedua Negara yang terpisah menjadi sebuah Bangsa Korea yang utuh.
Shinheungsa Temple
Shinheungsa Temple
Sinheungsa berarti Kuil yang Terinspirasi Ilahi. Ada beberapa bangunan di dalamnya, antara lain Main Hall dan Judgment Hall serta beberapa tempat pemujaan dan sebuah jembatan di atas sungai yang telah mengering. Ada sebuah patung kura-kura yang memancarkan air dari mulutnya, di mana air tersebut manis dan diyakini dapat menghilangkan kepenatan dan memberikan kesegaran bagi siapa pun yang meminumnya. Banyak wisatawan yang mengunjungi kuil ini karena ingin melihat kuil legendaris ini sekaligus menikmati keindahan pemandangan sekitarnya.

4. GWONGEUMSEONG FORTRESS


Gwongeumseong Fortress adalah situs dari reruntuhan kastil yang disebut Mount Seoraksan (Mount Sorak) dan juga dikenal sebagai Mount Onggeumsan Castle atau Toto Castle. Bangunan ini terletak di Gunung Dol daerah Seoraksan Songongwon. Fortress ini juga disebut Gwon Kim Castle, karena ada legenda bahwa dua jendral bernama Gwon dan Kim membangun benteng untuk menghindari perang.
Gwongeumseong Fortress
Gwongeumseong Fortress

Di sisi kiri Sugongwon melewati Jembtan Biryonggyo dari atas jurang ada jalan mengarah ke Gwongeumseong Castle tetapi dibutuhkan lebih dari satu jam perjalanan melalui tebing curam, jalan berbatu sepanjang 2,5km sehingga digunakan kereta gantung sebagai alat transportasi. Kereta gantung ini dirancang oleh Dr. Gi-Sup Lee pada tahun 1971 dan masih berfungsi untuk mengangkut wisatawan.

5. BELANJA GINSENG & KOSMETIK KOREA

Korean Gingseng
Korean Gingseng

Sesuai dengan sebutan negeri ini, Ginseng adalah oleh-oleh yang khas dari Korea Selatan. Di Korea Selatan sendiri ada 3 jenis ginseng yaitu, Susam, Hongsam, dan Baeksam. Harga ginseng asli terbilang cukup mahal. Alternatifnya adalah ginseng yang telah diolah, karena anda dapat mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Orang yang membeli ginseng asli namun tidak mengerti cara mengolahnya, maka ginseng tersebut biasanya dijadikan sebuah pajangan di rumahnya.
Korean Cosmetic
Korean Cosmetic

KOSMETIK-Kecantikan wanita-wanita Korea memang bukan menjadi sebuah rahasi lagi. Bagi anda kaum hawa yang terinspirasi oleh kecantikan wanita-wanita Korea, mungkin bisa membeli berbagai macam kosmetik khas negeri ginseng sesuai dengan kebutuhan anda. Mulai dari untuk perawatan wajah, kulit, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa anda dapatkan disana.

6. DONGDAEMUN MARKET


Bagi pecinta dunia fashion, diwajibkan untuk berkunjung ke Dongdaemun yang terletak di Ibu Kota Korea Selatan, Seoul. Di sini, kita bisa melihat puluhan mall yang menjual berbagai pakaian paling modis khas Korea Selatan.
Dongdaemun
Dongdaemun

Karena fashionnya yang membooming lewat drama Korea, tak heran jika Dongdaemun ini selalu dipenuhi para wisatawan yang datang. Dongdaemun merupakan komplek perbelanjaan paling besar di Korea Selatan, tepatnya di Jongno-gu Jongno-6 ga 289-3. Dongdaemun dihuni lebih dari 30 mall dan pusat industry mode dengan berbagai pakaian paling trendi.

Tidak heran jika kita tidak bisa menahan hasrat belanja kita ketika berada di sini, apalagi bagi para penggila fashion. Bisa dikatakan, Dongdaemun merupakan surge fashion di Korea Selatan. Mulai dari baju, celana, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya.

Dongdaemun pun kerap dijadikan tempat syuting drama Korea yang menceritakan tentang fashion, seperti Fashion King.  Bagi yang hobi menjahit, Dongdaemun juga punya banyak toko konveksi yang menyediakan bahan, benang, hingga aksesoris pada pakaian.

7. GYEONGBOK PALACE & NATIONAL FOLK MUSEUM

Gyeongbokgung
Gyeongbokgung

Gyeongbokgung adalah istana utama selama dinasti Joseon berkuasa (1392-1910). Istana yang menyimpan sejarah lebih dari 500 tahun ini dibangun oleh Lee Seong-Gye pada tahun 1395. Bagi wisatawan yang menyukai bangunan-bangunan kuno, Gyeongbokgung memiliki arsitektur yang khas dan masih terawat hingga sekarang. Selain karena umur bangunannya yang sangat tua, istana ini juga tampak anggun karena kolam teratainya yakni Gyeonghoeru dan Hwangwongjeoung. Latar belakang istana diperindah dengan Gunung Amisan yang berdiri gagah.

National Folk Museum
National Folk Museum

National Folk Museum of Korea merupakan salah satu Museum Nasional dari Korea Selatan yang terletak tidak jauh dari Istana Gyeongbok, di distrik Jongmo, Seoul yang menyimpan barang barang sejarah dari kehidupan rakyat Korea. Museum ini dibangun pemerintahan militer Amerika pada tanggal 08 November 1945. Museum ini memiliki 3 ruang pamer yang menggambarkan sejarah kehidupan bangsa Korea pada masa pra sejarah sampai jaman dynasty JOSEON pada tahun 1910. Museum ini awalnya terletak di gunung NAMSAN dan dipindahkan ke Geongbokgung pada tahun 1975 dan direnovasi pada tahun 1993.

8. CHANGDEOK PALACE/DOKSU PALACE


Changdeok berarti Kemakmuran sedangkan Gung atau biasa diucapkan Goong dalam bahasa korea berarti Istana. Karena terletak di sebelah timur Gyeongkgung sebagai istana utama, Changdeok bersama Istana Changgyeong disebelahnya juga disebut Istana Timur atau Donggwol.
Changdeokgung Palace
Changdeokgung Palace

Changdeokgung adalah istana yang paling disukai banyak pangeran Joseon. Selain karena Komplek ini mempertahankan banyak elemen yang berasal dari Tiga Kerajaan periode Korea masa lalu (Goryoe, Beakje dan Silla) yang tidak tergabung dalam Gyeongbokgung lebih kontemporer dibelakang istana juga terdapat. Elemen yang berbaur dengan topografi alam dan dibangun tanpa merusak keadaan sekitar menjadikan tempat ini memiliki daya tarik arsitektur tersendiri. Dibelakang terdapat taman yang mengcover 60 persen dari luas istana, tempat para keluarga kerajaan bersantai, belajar dan melakukan beberapa kegiatan lainnya.

9. BLUE HOUSE PRESIDENTIAL PALACE


Cheong Wa Dae adalah kantor kepresidenan sekaligus juga kediaman resmi presiden. Dari tempat inilah, presiden mengendalikan negara dan menjamu tamu kehormatan dari bangsa lain.
Blue House
Blue House

Cheong Wa Dae dalam bahasa Inggris berarti “Blue House”. Sesuai dengan namanya, genting bangungan ini berwarna biru yang dibentuk dari 150 ribu genting, sehingga dari kejauhan warna inilah yang tampak paling menonjol. Cheong Wa Dae berada di utara, tepatnya di kota Seoul. Cheong Wa Dae terdiri dari the main office, guest house (yeongbingwan), spring and autumn pavilion (chungchugwan), green grass (nokjiwon), rose of sharon (the mugunghwa valley), the seven palaces. Daya tarik Cheong Wa Dae adalah bangunanya yang indah serta arsitektur tradisional Korea yang mendominasi.

10. ITAEWON SHOPPING STREEET


Itaewon Street adalah tempat paling eksotis di Seoul untuk menghabiskan hari-hari dengan berbelanja, makan, dan nongkrong. Itaewon memegang sejarah panjang dalam pembuatan tempat dan merupakan tempat pertama yang membuat sebagian besar wisatawan ingin mengunjungi daerah ini di Korea. Kemudian, keberadaan Itaewon dikenal di seluruh dunia setelah dipublikasikan secara luas dalam Asian Games 1986 dan Olimpiade Seoul 1988. Pada tahun 1997, Itaewon akhirnya ditunjuk secara resmi sebagai zona wisata.
Itaewon Street
Itaewon Street

Jalan sepanjang 1,4 km yang membentang dari Itaewon 1-dong ke Hannam 2-dong telah ditetapkan sebagai Itaewon Street. Ada berbagai variasi toko, tempat hiburan, dan restoran bagi pengunjung untuk menikmati. Itaewon adalah pemimpin dalam menyediakan busana eksotis, bar, dan klub di Korea. Sebagian besar toko di daerah ini ditulis dengan tanda-tanda bahasa Inggris, dan sekarang banyak turis Jepang dan Cina berdatangan ke wilayah ini, dan Itaewon telah menjadi salah satu hubungan internasional ternama di Korea.

11. MASJID ITAEWON


Masjid Itaewon sendiri sebenarnya memiliki nama Masjid Markaz Seoul atau Masjid Seoul Pusat, namun banyak wisatawan yang memanggilnya dengan Masjid Itaewon. Selain lebih singkat, tentu nama tersebut terdengar lebih unik buka?
Masjid Itaewon
Masjid Itaewon

Masjid ini memang terbilang sederhana dan tidak terlalu besar, namun dengan hadirnya masjid Itaewon, ini menjadi bukti eksistensi masyarakat muslim korea.

Setiap hari Jumat masjid ini sangat ramai dikunjungi oleh warga muslim. Hal yang menarik setiap kali shalat jumat adalah adanya pembagian susu dan pisang gratis oleh takmir masjid. Selain itu pengunjung juga akan mendapatkan bulletin jumat secara gratis yang bisa dipilih dalam huruf hangul Korea atau dalam bahasa Inggris.

Selesai shalat berjamaah di Masjid ini, Anda bisa coba keluar dan memanjakan perut Anda. Khususnya bagi para muslim tentu, di lingkungan masjid ini terdapat beberapa restoran halal. Ya, Anda dapat menemukan beberapa kios makanan atau rumah makan halal disekitar masjid Itaewon. Misal saja rumah makan halal satu ini yang menyediakan aneka masakan dari pakistan.

12. RED PINE, AMETHYST FACTORY, DUTY FREE SHOP


RED PINE-Red Pine House, menyediakan obat herbal yang bisa melancarkan peredaran darah yang tersumbat karena lemak, jadi bisa terhindar dari stroke dan lain – lain yang berhubungan dengan penyakit darah tersumbat lainnya.
Duty Free Shop
Duty Free Shop

AMETHYST FACTORY-Merupakan bagian dari tur korea adalah kunjungan ke Amethyst Store. Banyak toko perhiasan indah yang pada dasarnya menjual Amethyst. Wisatawan yang membeli gelang Amethyst, cincin atau kalung mendapatkan potongan harga dari toko yang ada disana.

Bagi yang ingin belanja namun malas mengurus tax refund untuk beberapa produk kena pajak di Bandara, mungkin Duty Free shop merupakan salah satu pilihan yang cukup membantu. Disini kita bisa membeli produk free tax, jadi tidak perlu repot-repot lagi mengurus tax refund di bandara. 

13. MYEONGDONG FASHION STREET


Myeong-dong adalah sebuah distrik perbelanjaan besar di Korea Selatan. Myeong-dong Street memiliki panjang 1 km dan memanjang dari Stasiun Kereta Myeong-dong (Seoul Subway No 4) kearah Lotte Department Store di Euljiro. Semua jenis toko-toko bermerek dan berbagai department store yang berjajar di sepanjang jalan dan lorong di Myeong-dong Street.
Myeongdong Street
Myeongdong Street

Di sini Anda dapat membeli berbagai produk seperti pakaian, sepatu, dan aksesoris. Dibandingkan dengan Namdaemun Market atau Dongdaemun Market, Myeong-dong Streetlebih banyak menawarkan pilihan barang yang berkualitas dan ber-merek. Di lokasi ini berdiri berbagai pusat perbelanjaan seperti Lotte Department Store, Shinsegae Department Store, Myeong-dong Migliore, Noon Square dan M Plaza. Anda dapat membeli produk-produk berkualitas atau berbagai produk fashion korea seperti tas korea, dan baju korea dengan harga yang relatif wajar.

Di Myeong-dong Street juga terdapat berbagai restoran keluarga, retoran cepat saji, yang menyediakan berbagau jenis makanan khas Korea, makanan Barat, dan makanan Jepang. Selain itu juga terdapat fasilitas umum seperti salon, bank dan teater. Gereja Katolik Myeong-dong juga merupakan daya tarik wisata yang terkenal.

MEMBUAT KIMCHI


Kimchi adalah satu dari sekian banyak kuliner Korea yang kini mendunia. Kuliner sehat ini juga menjadi bagian dari sejarah dan budaya negeri asal K-Pop ini. Saking populernya kuliner yang satu ini, di Seoul terdapat sebuah destinasi wisata menarik bernama Seoul Kimchi Academy House.
Seoul Kimchi Academy House
Seoul Kimchi Academy House

Tempat ini menawarkan kelas membuat kimchi yang dipandu oleh professional kimchi instructor. Peserta yang mengikuti kelas pembuatan kimchi dapat membawa pulang hasil kimchi yang dibuat selama kelas berlangsung. Tak hanya itu, peserta kelas membuat kimchi di sini juga dapat mempelajari cara membuat kue beras pedas khas Korea yang dikenal luas dengan naman tteokbokki.

MENGGUNAKAN HANBOK


Hanbok banyak disediakan di beberapa tempat wisata yang bisa dipinjam untuk sekedar digunakan berfoto. Bahkan beberapa pasar seperti di Namdaemun-pun menyediakan hanbok baik yang bergaya asli maupun yang sudah dimodifikasi.
Menggunakan Hanbok
Menggunakan Hanbok

“Hanbok” berarti pakaian orang Korea, walaupun pada saat ini sebenarnya mengacu pada gaya berpakaian Dinasti Joseon yang dipakai dalam cara formal dan semi formal seperti perayaan atau festival. Pada saat itu golongan atas atau disebut sebagai Yangban mengenakan hanbok berwarna-warni dengan hiasan bordir dan sulaman indah, bahannya terbuat dari sutra.

Sedangkan masyarakat umum biasanya menggunakan hanbok sederhana terbuat dari kain katun dengan pembatasan warna yakni putih, merah muda, hijau muda dan abu-abu. Kini permintaan hanbok meningkat jika musim menikah tiba. Mencuatnya hanbok akhir-akhir secara tidak langsung dikarenakan boomingnya drama Korea.

Tour Korea Murah


Rencanakan Paket Tour Korea Selatan 2018 dengan harga menarik dan banyak pilihan paket liburan Korea Selatan untuk liburan bersama keluarga tercinta dengan Cheria Holiday.


Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Daftar 13 Tempat Wisata Terpopuler di Korea Selatan