11 Februari 2019

Fakta Tentang Masjid dan Makam Hijau (Green Mosque & Tomb) Turki

  11 Februari 2019

Turki merupakan salah satu negeri yang menyimpan berbagai jejak peradaban masa lalu yang masih lestari hingga kini, baik itu bangunan maupun benda- benda bersejarah. Salah satu bangunan bersejarah yang terkenal di Turki adalah Masjid dan Makam Hijau yang terletak di kota Bursa. Kita dapat melakukan Travel Halal untuk melihat keindahan dan arti sejarah bangunan tersebut. Berikut adalah fakta mengenai Masjid dan Makam Hijau (Green Mosque and Tomb):

Green Tomb merupakan kompleks pemakaman Sultan Mehmed I dan keluarga kerajaan (terdapat tujuh makam lainnya dalam kompleks) yang di bangun oleh putra dan penerusnya yaitu Sultan Murad II pada tahun 1421 setelah meninggalnya Sultan. Terletak di kota bernama Green (Yesil di Turki), Bursa, Masjid Hijau terdiri dari makam, madrasah, budidaya dan tempat pemandian khas Turki.

Kompleks tersebut terdiri dari bangunan makam dan Masjid Yeşil di seberangnya, dibangun oleh arsitek Haci Ivaz Pasha.  Kompleks makam dikelilingi dengan pohon cemara di atas bukit di lingkungan Yeşil di Bursa, makam itu berdiri lebih tinggi daripada kompleks lainnya. Bangunan di rancang berbentuk heksagonal dan dimahkotai dengan kubah hemi-bola. Bagian luar mausoleum dilapisi dengan ubin hijau-biru hingga bangunan itu di beri julukan Green

Green Mosque memiliki empat jendela yang dihiasi, yang berisi dua mihrab dan empat ceruk dengan pagar. Salah satu contoh terbaik dari batu hias di Turki, jendela Masjid Hijau dihiasi kaligrafi Al Quran yang menarik di sekitarnya.  Gerbang stalaktit masjid diselesaikan selama tiga tahun dan memiliki pemandangan monumental. Ornamen berwarna hijau kebiruan dan warna pirus merupakan hasil karya dibuat oleh pelukis besar Haci Ali, Ilyas Ali. Juga seniman agung Mehmet Mecnun melengkapi masjid spektakuler itu dengan ubin-ubin indah. Begitu juga dengan pintunya yang terbuat dari kayu pohon kenari yang sangat memiliki nilai seni yang tinggi.

Jika Anda melakukan Wisata Halal kesana Anda akan dapat memperoleh informasi tentang pembangunan masjid dari prasasti pada gerbang itu yang panjangnya 2-3 meter. Ada dua kolom Bizantium di dalam ruang depan ini. Ruang depan ini terbuka ke kamar-kamar samping di bagian timur dan barat, yang diratakan berkubah, pintu masuk rendah terbuka ke ruang tengah.

Selain Masjid dan Makam komplek ini juga memiliki Madrasah yang terbuat dari Batu dan bata Madrasah di Masjid Hijau bernama Sultaniye. Jaraknya 100 meter dari masjid. Juga dikelilingi oleh halaman persegi panjang dan beranda dengan kubahnya, madrasah berisi pusat pelatihan dan kamar untuk siswa. Apalagi ada kolam dengan sprinkler yang terbuat dari marmer di tengah halaman itu. Dalam komples adapula Pemandian Turki yang dibangun oleh Sultan Fatih Mehmet, Sang Penakluk.

Yuk ikut merasakan serunya WISATA HALAL bersama CHERIA HOLIDAY. Waktu shalat terjaga dan menu makanan terjamin halal.
DAFTAR DARI SEKARANG ! Sebab seat terbatas dan cepat penuh, jangan sampai Anda kehabisan seat tahun ini !

Hubungi kami sekarang di :
📞 021 7900 216
📞 021 7900 201
📞 021 7900 218

www.cheria-holiday.com
FOLLOW IG kami di ➡️ @cheriaholiday

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.