Yuk Mengenal Lebih Dekat Karpet Turki | Cheria Holiday Yuk Mengenal Lebih Dekat Karpet Turki

Yuk Mengenal Lebih Dekat Karpet Turki


Sering kita terpesona ketika masuk kedalam sebuah ruangan kemudian kita melihat karpet atau permadani terbentang di tengah – tengah ruangan dengan motif yang sangat cantik, ketika kita sentuh terasa lembut dan tebal. Ada banyak negara khususnya di timur tengah yang memproduksi karpet khas seperti Iran, Afghanistan dan Turki. Kita bisa melakukan Travel Halal untuk mengenal karpet khas Turki lebih jauh. 

Karpet Turki sering juga dinamai sebagai karpet Anatolia karena dimulai dengan kedatangan suku – suku Turki pengerajin karpet dari asia Tengah yang nomaden kemudian menetap di daerah Anatolia,  sedangkan produksi karpet Turki banyak dipengaruhi oleh orang-orang Yunani yang datang pada abad ke 16 dan 17 yang pada masa lalu mendominasi pembuatan karpet. Sedangkan karpet turki tertua pernah ditemukan produksi sekitar abad 13 di kota Sivas, Kayseri dan Konya yang sejak dulu memang telah menjadi pusat pembuatan karpet Turki.

Selama periode transisi di abad ke-14 hingga abad ke 15, figur-figur hewan banyak muncul di karpet – karpet buatan Turki. Karena figur-figur hewan di karpet ini,maka motif ini disebut sebagai "Permadani dengan Hewan “ . 

Mulai abad ke-16 adalah awal dari periode sukses kedua tenun karpet Anatolia. Permadani dari periode ini disebut "Permadani Ottoman Klasik". Alasan permadani ini disebut "Permadani Istana" adalah karena desain dan warna akan ditentukan oleh seniman istana dan kemudian dikirim ke sentra anyam. Gรถrdes, Kula, Milas, Ladik, Mucur, Kirsehir, Bandirma menjadi pusat – pusat anyaman karpet Turki hingga abad ke 18.  Desain motif karpet mulai menggunakan motif  terdiri dari cabang-cabang yang memutar, daun dan bunga seperti tulip, anyelir, dan eceng gondok, ditenun dengan gaya naturalistik dan membentuk komposisi dasar karpet, Manusia dan hewan tidak digambarkan karena Quran tidak mengizinkan ini. Gaya ini dilanjutkan di daerah lain dan dapat dilihat di karpet Turki saat ini.

Permadani Turki kini telah menyebar dan di akui oleh dunia karena keindahan dan kualitasnya, pada awalnya  permadani yang ditenun hanya untuk para Sultan Kekaisaran Ottoman. Karpet sutra terbaik yang dulu hanya untuk Sultan sampai saat ini masih ditenun di Hereke (kota dekat Istanbul) hari ini dan dapat di nikmati oleh orang banyak.

Jenis pembuatan karpet Turki dan diklasifikasikan menurut bahan yang digunakan: Ada Sutra di atas sutra, campuran Wol dan  kapas, Wol dengan wol,  Viscose pada kapas Kilims dan Tulu. Karpet yang lebih tebal, terdiri dari wol, katun dan sutra dan selalu diikat dengan simpul Turki, juga disebut simpul Ghiordes atau Turkbaff. 

Kerajinan karpet tenun adalah kerajinan tangan yang terdiri dari dua bagian; kerangka karpet, yang dibentuk oleh benang vertikal dan horizontal yang disebut "warps" dan "wefts" dan bagian yang menyerupai gambar dan seperti beludru, yang disebut "tumpukan" karpet, dibuat dengan cara mengaitkan berbagai warna dari utas. Untuk membentuk motif, ada dua teknik simpul: Simpul non simetris (persia) dan  simpul ganda (Turki).

Sedangkan untuk pewarnaan ada dua jenis pewarna yang digunakan untuk mewarnai wol untuk menenun: pewarna nabati dan pewarna kimia. Karpet yang dibuat menggunakan pewarna alami yang berasal dari tanaman, binatang dan mineral adalah yang paling disukai. Kerajinan pewarnaan telah ditingkatkan berdasarkan penglaman selama berabad-abad di Anatolia. 

Jika kita melakukan Wisata Halal ke Turki maka kita dapat membeli karpet – karpet cantik ini dan juga dapat melakukan tour ke sentra – sentra pembuatan karpet untuk melihat bagaimana proses penenunannya. 

Yuk ikut merasakan serunya WISATA HALAL bersama CHERIA HOLIDAY. Waktu shalat terjaga dan menu makanan terjamin halal.
DAFTAR DARI SEKARANG ! Sebab seat terbatas dan cepat penuh, jangan sampai Anda kehabisan seat tahun ini !

Hubungi kami sekarang di :
๐Ÿ“ž 021 7900 216
๐Ÿ“ž 021 7900 201
๐Ÿ“ž 021 7900 218

FOLLOW IG kami di ➡️ @cheriaholiday

» Thanks for reading Yuk Mengenal Lebih Dekat Karpet Turki

0 Response to "Yuk Mengenal Lebih Dekat Karpet Turki"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.