travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Bursa Kota Yang Mempesona Bagi Traveller

Bursa Kota Yang Mempesona Bagi Traveller



Bursa I Dataran Tinggi Uludag Berada di sebelah selatan Istanbul dan di seberang laut marmara, bursa adalah sebuah kawasan menarik dengan beragam bangunan masjid, arsitek ottoman masa lalu, pasar tradisional sutra, dan spa alaminya. Wisatawan juga kerap mengunjunginya untuk mencicipi iskandar kebab yang citarasanya sudah terkenal di seluruh penjuru Turki.

Kota Yang Mempesona



Bursa Kota Yang Mempesona Bagi Traveller
Bursa Kota Yang Mempesona Bagi Traveller

Iskandar kebab adalah potongan-potongan daging domba yang sudah di panggang serta di sajikan dengan saus tomat, mentega coklat dan yoghurt. Perjalanan ke bursa bisa di lakukan secara short trip (pergi pagi pulang petang) atau juga bermalam.

Kuliner Iskandar kebab
Kuliner Iskandar kebab

Jika memilih untuk berlama-lama di kawasan yang mempesona tersebut, wisatawan dan para pelancong bisa sekaligus berkunjung ke sebuah kota medieval yang bernama iznik (nicea). Lokasinya ada di rute perjalanan menuju bursa. Selain itu, sebuah lanskap dataran tinggi yang menjulang setinggi 2543 bernama uludag juga bisa di jelajahi. Untuk bisa berkunjung ke uludag, wisatawan bisa menaiki teleferik yang bisa di jumpai di bagian timur pusat kota bursa. Kendaraan umum berupa kereta gantung yang di gerakkan oleh tenaga listrik tersebut bisa mengantarkan pengunjung naik hingga ke ketinggian. 

Untuk tiba di puncak, teleferik akan membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Di musim panas, uludag kerap menjadi medan penjelajahan bagi penyuka kegiatan hiking, sementara saat musim dingin tiba kawasan nya menjadi kawasan bermain ski es. Selain teleferik, sebenarnya ada juga kendaraan sejenis bis yang bisa mengantarkan para wisatawan ke uludag. 

Kendaraan bernama dolmushes tersebut akan mengantarkan para penumpangnya hingga ke ketinggian 23 KM. Namun bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman naik ke puncak gunung sambil menikmati panorama dataran tinggi yang menghampar di bawahnya, teleferik adalah kendaraan yang tepat untuk itu. 

Perjalanan bisa di mulai dengan menaiki taksi, atau dolmush khusus (yang bertuliskan ‘teleferik’) menuju ke stasiun teleferik yang berada di sebelah timur pusat kota bursa. Perjalanan tersebut lazimnya menempuh waktu 15 menit. Teleferik beroperasi mulai pukul 08.00 pagi hingga 22.00 malam di musim panas. Di musim dingin, kereta gantung berjendela kaca tersebut biasanya mulai beroperasi mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.00 petang hari. Dari staisunnya, teleferik di berangkatkan setiap 30 hingga 40 menit sekali. 

Jika angin sedang bertiup kencang, hujan ataupun cuaca tengah berkabut, teleferik terpaksa harus di berhentikan pengoperasiannya. Jika menaiki teleferik, ada baiknya penumpang memilih tempat duduk yang berada persis di sebelah jendela. Dengan demikian pemandangan di bawah bisa dinikmati dengan leluasa. 

Perjalanan ke atas ketinggian uludag akan berhenti sejenak di kadiyayla, sebelum di lanjutkan ke sebuah kawasan bernama sarialan yang berada di ketinggian 1635 meter. Di sarialan, pengunjung bisa menikmati keindahan langkap dataran tinggi sambil menikmati minuman dan makanan yang di tawarkan beberapa kedai makanan di sana. 

Panorama alam yang indah tersebut juga bisa di papar sambil berjalan santi di patika, yaitu sebuah lintasan yang khusus di buat bagi pejalan kaki. Di sarialan terdapat pula sebuah pusat perkemahan yang di kelola oleh uludag national park.

Selain panorama natural di uludag, di pusat kotanya sendiri, bursa memiliki beragam destinasi yang bisa bisa dinikmati. Kawasan kunjungan wisata tersebut menghampar dari heykel plaza dimana patung ataturk berdiri, hingga ke barat ke arah ulu camii (sebuah masjid agung). Di kawasan tersebut juga terdapat koza park dan koza han

Keduanya merupakan kawasan industri tenun sutra. Di bursa juga terdapat kapali carsi yang merupakan sebuah pasar tradisional. Bursa sudah lama terkenal akan tenun sutranya. Terutama selendang sutra (scarves). Jika ingin mendapatkannya, kawasan koza han dan kapali carsi bisa di datangi. Wisatawan yang berkunjung ke bursa juga bisa berkunjung ke kawasan kota lama yang berada di hisar. Lokasinya bisa di tempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit. 

Bangunan religius seperti yesil camii (masjid hijau) dan emir sultan mosque juga menarik untuk di datangi. Keduanya bisa di kunjugi dengan menaiki dolmush (bis) atau juga taksi. Dari Istanbul, bursa bisa di datangi dengan menggunakan kapal ferry yang menyeberangi laut marmara. Selain lebih cepat dibandingkan dengan menaiki bis, perjalanan menggunakan kapal juga memberikan bonus panorama yang menakjubkan.

Tour Travel Ke Turki


Banyak atraksi dan obyek wisata menarik menanti Anda di kota Bursa Turki ini, jangan lewatkan mengunjungi kota unik ini jika menghabiskan liburan di Turki. Hubungi Cheria Wisata ya untuk referensi perjalanan Anda ke Turki, Anda bisa juga lho mengambil Paket Umroh Plus Turki dan Paket Tour Halal Turki dari Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^





Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Bursa Kota Yang Mempesona Bagi Traveller