Hemat biaya kehidupan di Turki, pakai cara ini | Cheria Holiday Hemat biaya kehidupan di Turki, pakai cara ini

Hemat biaya kehidupan di Turki, pakai cara ini

Menjelajah ke Negara yang dikenal dengan 1000 masjid ini menjadi salah satu daftar favorit yang tidak akan dilewati oleh para wisatawan. Wisatawan Asia, ataupun dari luar Asia seringkali mengunjungi Negara ini. Turki memiliki banyak tempat wisata yang sangat banyak dan tidak ada habisnya untuk dikunjungi. Nah bagi kamu yang mau wisata ke Turki tapi sedang memilih tempat-tempat yang bagus tapi murah untuk didatangi, ada saatnya anda membaca artikel ini.

Dari 2 kota besar di Turki, Istanbul dan Ankara, kami akan rekomendasikan anda untuk banyak menghabiskan waktu di Istanbul. Istanbul menjadi tempat yang ramai dikunjungi belakangan ini oleh para wisatawan yang memilih Turki untuk destinasi liburannya. Pesonanya membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyukai tempat ini. Tapi jika anda memilih Turki untuk tempat destinasi wilayah Eropa, tidak murah juga. Ini akibat sebagian wilayahnya masuk ke wilayah Eropa maka secara otomatis efek mata uang Euro juga berpengaruh ke harga-harga di kota ini.

Istanbul memang kota yang banyak sekali tempat wisata menarik, mulai dari museum dan kulinernya. Tapi pada umumnya untuk memasuki kawasan wisatanya ini juga termasuk mahal. Biasanya anda perlu siapkan 10 – 30 TL. Segera cek kursnya ya, biasanya 1 TL seharga 4 ribu rupiah sampai 5 ribu rupiah. Misalnya anda mau pergi ke museum Hagia Sophia di kota ini, anda harus siapkan biaya untuk tiket masuk sekitar 30 TL atau setara dengan 120ribu.

Jika setiap tempat yang akan anda kunjungi memerlukan 30 TL untuk tiket masuk, bisa terbayangkan berapa total pengeluaran yang harus anda siapkan selama anda berada di kota Istanbul ini. Untuk menyiasatinya, anda perlu mencari tempat-tempat yang bisa dikunjungi tetapi tidak memerlukan biaya yang cukup besar untuk memasuki kawasan wisata ini. Nah, kami akan berikan 4 tempat kota wisata yang bisa kamu kunjungi dengan harga murah di kota ini:

1. Istiklal Caddesi
Sudah pernah mendatangi tempat ini? Tempat ini terletak di Distrik Beyoglu. Tempat ini merupakan tempat yang paling diburu wisatawan saat mengunjungi kota Istanbul. Bayangkan saja tempat ini sudah menjadi tempat kumpul yang paling hits di Istanbul. Karena jarak 3 kilometer mulai dari Monumen of Republic hingga ujung Istiklal Caddesi bisa kamu temukan banyaknya tempat belanja dan tempat hiburan yang seru. Kamu bisa menemukan banyaknya pusat perbelanjaan, museum, restoran, café, galeri seni dan kamu bisa temukan juga klub malam disini. Nah untuk kamu yang menjadwalkan mencari tempat hangout yang murah bisa datangi kawasan ini. Dan tempat ini sudah menjadi favorit dikalangan anak muda di kota Istanbul. Apalagi saat ini tempat ini sudah melambangkan sisi modern dan cosmopolitan dari tempat ini. Beuuuuh


Dahulu nama jalan ini adalah Grande Rue de Pera, dikenal dengan jalanan yang paling elegan seantero kota Istanbul dimana bisa anda temukan toko-toko dan butik penting yang dibuka di kota ini, berbagai kedutaan besar, gereja hingga tea house yang biasa dikunjungi warga tingkat atas kota ini. Mungkin dahulu orang –orang tidak akan terpikir untuk bisa berjalan disini hanya dengan memakai kaos dan jeans saja disini. Istiklal Caddesi memberikan sentuhan yang berbeda untuk acara anda untuk menjelajahi kota Istanbul. Anda bisa berfoto-foto dengan banyaknya latar belakang bangunan yang memiliki arsitektur klasik dan modern yang ada disepanjang jalanan ini. Jadi kamu tidak perlu menyiapkan biaya yang besar untuk mendatangi tempat ini. Karena tempat ini menjadi salah satu wisata murah Turki yang bisa kamu agendakan jika ke Istanbul.

2. Blue Mosque (Sultanahmet Camii)
Tahukah kamu bangunan apa yang menjadi landmark yang paling terkenal di Istanbul? Seperti ciri khas yang bisa kamu temukan jika kamu ke Istanbul. Kamu bisa kunjungi masjid yang terletak di kawasan Sultanahmet atau yang sering banget dikenal dengan blue mosque. Bangunan ini memiliki bentuk arsitektur yang sangat-sangat indah. Apalagi jika anda melihat kubah-kubah masjidnya yang bertumpuk dan disana terlihat ada 6 menara yang menjulang menghiasai kota tertua di Istanbul.


Masjid ini merupakan identic dari kota Istanbul. Jika anda berkelana ke Malaysia, anda wajib datang ke Menara Petronas, begitu juga jika anda ke Turki. Masjid ini dahulu dibangun oleh Sultan Ahmet dengan hiasan dan dibuat menyerupai desain tradisional Ottoman, pada bagian dalamnya dindingnya dihiasi 20ribu keeping mosaic biru, serta banyaknya jenedela yang menggunakan kaca patri yang membuat masjid ini sangat terlihat cantik dari segi arsitekturnya.

Anda akan mengagumi tempat ini dan tempat ini akan memberikan pengalaman indah untuk anda jika anda singgah ke Blue Mosque. Tetapi sebagai referensi anda perlu diketahui bahwa masjid ini ditutup sekitar 30 menit sebelum dan sesudah waktu sholat, kecuali bagi yang menjalankan ibadah. Tentu juga ditutup saat hari jumat, tetapi tetap dibuka bagi mereka yang ingin menjalankan ibadah sholat jum’at.

3. The Hippodrome of Constantinopel
Tempat ini masih berdekatan dengan Blue Mosque, anda akan menemukan area yang dinamakan Hippodrome. Bangunan ini mulai dibangun pada masa kepemimpinan kaisar Roma pada abad 203 masehi dan selesai pada abad 330 masehi di masa pemerintahan Constantine Agung. Dahulu juga tempat ini merupakan tempat yang digunakan sebagai tempat pacuan kuda terbesar di dunia yang bisa menampung hingga 100ribu penonton. Luar biasa. Pada masa Byzantium, Hippodrome juga ternyata difungsikan sebagai tempat untuk upacara, kegiatan social, selama seribu tahun.


Tempat Hippodrome sempat terlantar dan kini sudah menjadi taman umum yang memiliki 3 monumen yang tersisa. Salah satunya menjadi sebuah landmark tempat ini yaitu sebuah obelisk yang tingginya mencapai 25 meter, dahulunya dibawa ke Istanbul oleh kaisar Roma pada abad 4 Masehi.

4. Grand Bazaar 
Tidak asing dengan tempat ini bukan. Grand Bazaar merupakan tempat atau pasar terbesar di dunia yang sudah ada sejak tahun 1461. Tempat ini tidak terlalu jauh dari stasiun tram Cemberlitas. Karena tempatnya yang luas, seringkali banyak wisatawan yang sering tersasar. Bayangkan saja tempat ini memiliki luas sekitar 54 ribu meter persegi dan mempunyai sekitar 60 lorong serta memiliki 4000 kios pedagang. Oleh karenanya tempat ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan untuk berbelanja souvenir mulai dari aksesoris hingga barang-barang antik bisa anda temukan di tempat ini.


Tempat ini buka dari pagi hingga pukul 7 malam, jadi buat anda yang berharap tempat ini buka 24 jam anda tentu saja salah. Tetapi anda juga perlu mengetahui bahwa tempat ini buka hanya dari senin – sabtu. Jadi hari besar seperti hari minggu tempat ini tutup. Pastikan jika anda memilih tempat ini anda tidak menjadwalkan perjalanan anda ke Grand Bazaar pada hari minggu ya.

5. Gulhane Park
Tahukah anda dimana taman yang paling tua umurnya di kota Istanbul ini? Gulhane Park jawabannya. Tempat ini menjadi taman tertua di Istanbul karena sudah ada sejak tahun 1912. Untuk mencapai tempat ini anda tidak perlu berjalan jauh dari stasiun tram Gulhane, dan tempat ini dekat sekali dengan Topkapi Palace dan Istanbul Archaeology Museum. Tempat ini menjadi salah satu tempat popular di Istanbul karena setiap harinya pasti dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan internasional.


Jika anda mengunjungi taman ini di musim semi, anda bisa melihat-lihat bunga tulip yang bermekaran indah di taman ini. Sisi barat dari tempat ini anda bisa kunjungi juga Museum of the history of science and technology in Islam. Bagi anda yang senang beristirahat di kafe, anda juga menemukan kafe diujung taman ini sambil melihat pemandangan indah ke selat Bosphorus yang membelah kota Istanbul.

» Thanks for reading Hemat biaya kehidupan di Turki, pakai cara ini