Antara Ankara dan Istanbul, mana pilihan Anda? | Cheria Holiday Antara Ankara dan Istanbul, mana pilihan Anda?

Antara Ankara dan Istanbul, mana pilihan Anda?

Ankara merupakan ibu kota turki yang paling terkenal. Ankara biasanya disebut-sebut sebagai pusat politik Turki sementar Istanbul adalah kota menarik yang memiliki banyak keunggulan. Meskipun generalisasi ini memiliki beberapa kebenaran, kedua kota ini sama-sama memiliki aspek positif dan aspek negatifnya. Anda bisa melihat dibawah ini pro dan kontra antara masing-masing kota Ankara dan Istanbul sehingga anda bisa menentukan pilihan anda, mana tempat yang cocok untuk liburan anda di Turki ini. Perlu diketahui juga dahulu Istanbul merupakan ibu kota Turki dan dipindahkan ke Ankara.


Seperti Mantan dan Gebetan, mana yang akan kamu pilih untuk mengunjungi kota di Turki ini?

Istanbul

Q: Mengapa Anda memilih Istanbul?

A: Banyak tempat tamasya
Bukan rahasia bahwa hamper setiap sudut Istanbul memiliki kisah bersejarah untuk diceritakan. Selain Sultan Mahmed dan masjid-masjidnya yang megah serta Istana-istana Ottoman, banyak lingkungan di kota ini yang masih memiliki sisa-sisa arsitektur dan budaya Eropa yang wajib anda jelajahi.

B: Makanan yang luar biasa
Cita rasa Istanbul adalah perpaduan tradisional dan modern, dengan restoran-restoran yang sudah berdiri semenjak puluhan tahun silam dan upaya para koki selebriti yang baru merupakan usaha agar cita rasa Istanbul tidak hilang dan justru mempertahankan agar para pengunjung selalu merindukan cita rasa yang hanya bisa ditemui di negeri ini. Makanan disini benar-benar sangat lezat dan ada banyak menu varian berbeda, misalnya anda bisa makan kebab sederhana hingga resep modern ala Anatolia.

C: The Bosphorus!
Siapa tidak mengenal selat Bosphorus. Selat ini terkenal yang memisahkan benua ini merupakan pemandangan setiap hari yang indah yang tidak bisa anda lewati begitu saja. Perjalanan kapal feri ke sisi Asia atau tur panjang Bosphorus memungkinkan wisatawan untuk melihat kota besar dari setiap sudut yang ada disana.

D. Dua Benua
Turki dikenal dengan Negara yang terbentang luas diantara dua benua Asia dan Eropa. Sisi asia sangat berbeda dengan sisi eropa. Tapi itu semua bisa anda rasakan saat anda melihat semuanya. Nah anda bisa menaiki feri ke Kadikoy untuk menjelajah lingkungan yang benar-benar berbeda. Jangan lewatkan juga pulau Pangeran yang berada dekat sana.

Q: Mengapa Anda ragu pergi ke Istanbul?

A: Lalu lintas
Lalu lintas di kawasan Istanbul adalah mimpi buruk yang tidak pernah berakhir. Perjalanan anda bisa memakan waktu berjam-jam dan berhenti sehingga membuat banyak orang stress karena kemacetan yang ditimbulkan di kota ini. Di Istanbul anda harus memiliki banyak waktu untuk pergi dari titik A ke B da nada baiknya anda menghindari parkir mobil disana.

B: Orang Tak Berujung
Istanbul merupakan kota yang ramai dan keras, dimana soundtrack kota mungkin jika anda sering mendengar mobil membunyikan klakson. Terlihat juga disana angkutan umum selalu penuh dan ornag biasanya seringkali tidak beretika, mendorong-dorong untuk masuk sehingga butuh waktu menunggu. Serta anda harus sering membuat reservasi karena pada akhir pekan di setiap tempat di sudut kota ini sangat penuh.

C. Masalah Sampah
Penduduk Istanbul seringkali membuang sampah mereka ke Jalanan. Apalagi saat musim panas tiba, beberapa area hijau dipenuhi dengan orang-orang yang piknik di luar dan setelah itu membuang semua sampah mereka yang nantinya akan terombang ambing oleh angin.

D. Populasi Konservatif
Istanbul adalah kota yang bersebrangan dan untuk lingkungan modern Eropa ada wilayah konservatif di mana anda mungkin akan merasa tidak nyaman berjalan-jalan. Banyak pria konservatif di Istanbul yang sering melirik wanita di jalanan. Jadi anda harus terbiasa dengan pemilik toko yang menatap anda dengan tidak tepat ketika anda memiliki sesuatu.



Ankara

Q: Mengapa Anda harus memilih Ankara?

A: Pepohonan dan Taman
Hal pertama yang wajib anda perhatikan adalah ketika anda tiba di Ankara hijaunya kota ini dibandingkan dengan Istanbul. Pohon-pohon subur berbaris di jalanan,dan taman dimana anda bisa benar-benar berjalan dengan tenang. Sangat berbeda dengan Istanbul. Fokus pada real estat tidak begitu drastis.

B. Tenang dan Terorganisir
Kota Ankara adalah kota pemukiman dan politik. Artinya kota ini bisa menjadi kota yang lebih tenang dan lebih terorganisir bila dibandingkan dengan kekacauan yang ada di Istanbul. Meskipun lalu lintas padat selama jam sibuk, anda tidak akan pernah mendengar klakson mobil yang berlebihan. Jalanan juga tidak penuh sesak di akhir pekan memungkinkan untuk keluar rumah. Nah artinya tempat ini cocok untuk anda yang hobi atau memang mencari ketenangan dalam berwisata ke Turki

C. Belanja dan Tamasya
Ankara menjadi surga bagi pembeli dengan banyaknya mall modern yang menyediakan semua merek terkenal. Dan tempat ini kaya akan arsitektur seperti Museum Mustafa Kemal Ataturk, Museum Etnografi dan Ankara Kalesi menjadikannya salah satu tempat favorit di Ankara

D. Arsitektur yang Indah
Ankara  punya banyak hal yang indah yang ingin dilihat oleh para penggemar arsitektur. Ziraat Bank Headquarters yang cantik dan indah hingga gedung perkantoran pun dibuat modern.

Q: Kenapa ragu untuk mengunjungi Ankara?

A. Budaya Restoran Kecil
Budaya restoran di Ankara tidak seberagam yang ada di Istanbul. Jadi anda sulit untuk menemukan restoran turki yang unik yang dikelola oleh selebritas disana. Tetapi dari kebab ke Ikan segar, variasi memang ada di Ankara.

B. Kehidupan Tanpa Budaya
Kelemahan terbesar dari Ankara adalah kurangnya kehidupan budaya. Tidak ada acara besar seperti pembukaan pameran seni atau musical terbaru.

Jadi anda tidak perlu bingung lagi saat ini untuk menentukan pilihan. Apapun pilihan anda itu sudah menjadi keputusan anda dan tidak perlu takut atau ragu dengan keputusan anda. Semoga artikel ini membantu anda dalam menentukan keputusan.

» Thanks for reading Antara Ankara dan Istanbul, mana pilihan Anda?