Oleh-oleh yang wajib dibawa saat berkunjung ke Turki | Cheria Holiday Oleh-oleh yang wajib dibawa saat berkunjung ke Turki

Oleh-oleh yang wajib dibawa saat berkunjung ke Turki

Istanbul merupakan kota yang dikenal sepanjang sejarah Byzantium dan Konstantinopel. Dan juga dikenal karena tempat ini menjadi pusat perdagangan utama dimana para pedagang dan kaum umum akan bertemu dan saling menjual dan membeli barang-barang yang dijual. Karena banyaknya barang-barang yang sangat bagus, anda harus focus untuk membeli barang-barang yang akan dijadikan souvenir dan dibawa pulang ke Negara asal. Siapkan daftar barang yang akan anda beli sehingga membuat waktu anda tidak terbuang sia-sia karena masih berfikir dengan apa yang semestinya anda bawa pulang untuk diberikan ke kerabat anda.

Setelah menjelajah tempat yang indah ini, ada baiknya kamu mulai memikirkan oleh-oleh apa saja yang bisa kamu bawa pulang untuk kerabat mu. Kamu bisa cek di Internet barang apa yang direkomendasikan untuk dibeli dan tempat membeli barang tersebut saat kamu mengunjungi turki.  Kami akan rekomendasikan 7 souvenir yang cocok dibawa pulang untuk para kerabat atau bahkan bisa anda pajang dirumah anda. Berikut ini 7 Souvenir rekomendasi kami:

1. Keramik
Keramik turki umumnya sangat terkenal karena kaya akan warna dan design yang terlihat rumit. Keramik ini cocok untuk anda bawa sebagai hantaran atau souvenir yang bisa dibawa pulang ke Negara asal. Keramik ini biasanya tersedia untuk dijual di Istanbul dengan berbagai variasi.


Awalnya dibuat untuk meniru tembikar cina, pengarjin Iznik di Anatolia dengan cepat mengembangkan gaya ataupun pola mereka sendiri. Pengrajin turki seringkali menggabungkan pola geometris dengan berbagai bunga, mulai dari anyelir, mawar, dan tulip. Banyak teknik yang digunakan untuk membuat keramik cantik ini yang telah diremukan selama berabad-abad. Keramik ini bisa anda cari di Grand Bazaar, Spice Market dan toko-toko lainnya.

2. Alat Hisap
Di turki alat hisap ini dikenal dengan nama Nargile. Alat hisap ini dibuat dengan potongan-potongan dekoratif yang indah. Botol-botol kaca berwarna warni dan pipa logam yang ter[asang bersama dengan selang, menciptakan bentuk yang menarik, mewujudkan simbolis khas Negara timur tengah. Selama periode ottoman, nargila cukup popular di Turki. Akan tetapi popularitas mereka mulai memudar seiring kehadiran rokok disana. Namun popularitas Nargile ini sedikit demi sedikit mulai bangkit kembali dengan banyaknya beberapa kedai kopi yang menyediakan nargile ini.


Untuk warna umumnya nargile seringkali terlihat banyak warna beragam. Untuk harga, anda bisa mendapatkan nargile kecil seharga 20 TL sedangkan untuk nargile besar 30 TL. Nargile ini dapat dibeli di beberapa tempat Istiklal Caddesi, Sultahnahmet dan Grand Bazaar. Untuk anda yang belum tahu, Istiklal Caddesi merupakan jalan perbelanjaan yang terkenal dibagian Eropa Istanbul.

3. Jewelry
Salah satu souvenir yang bisa kamu bawa pulang khas Negara Turki ini adalah perhiasan. Perhiasan ini diproduksi secara local dan terinspirasi dari potongan asli dari kerajaan Ottoman. Keinginan masyarkat Turki yang akhirnya membuat perhiasan ala Ottoman. Perhiasan turki bisa anda dapatkan di Grand Bazaar dan spice market.


Tapi jika anda mau mencari yang kualitas terbaik, datanglah ke Eller Sanat Galerisi yang tempatnya tidak jauh dari Istiklal Caddesi, karena tempat ini menjual perhiasan terbaik. Mereka ahli dalam semua era perhiasan Anatolia dan tempat mereka juga sangat mirip dengan museum. Mereka juga menjalankan lokakarya tentang pembuatan perhiasan tradisional. Untuk perhiasan khas Turki ini bisa anda beli dengan harga 50 TL untuk barang –barang tadi.

4. Papan Backgammon
Hampir disemua sudut kafe yang berada di jalan Istanbul akan melihat beberapa pria bermain tavla atau backgammon. Backgammon merupakan permainan papan yang bisa dimainkan oleh dua orang. Setiap pemain memiliki limabelas biji yang digerakkan di atas papan yang terdiri dari duapuluh empat segitiga menurut lemparan dua dadu. Tujuan permainan adalah menjadi pemain pertama yang menempatkan semua bijinya di luar papan permainan. Tradisi permainan ini jika anda kalah dalam permainan, anda harus membawa pulang papan tersebut di bawah lengan anda sehingga semua orang bisa melihat bahwa anda kalah dan akan berlatih lebih banyak di rumah. Lucu juga ya tradisi disana!


Tetapi untuk mendapatkan tavla set selain memainkan dan kalah dari permainan, bisa juga anda beli di Grand Bazaar yang pastinya punya banyak kios yang menjual perangkat kerajinan tangan yang menggabungkan mutiara dan kayu dalam mosaik yang indah. Untuk harga anda bisa merogoh kocek sebanyak 20 TL. Untuk membeli di grand Bazaar anda bisa kunjungi pasar tersebut di hari senin – sabtu pukul 9 pagi hingga 7 malam.

5. Set Cangkir Kopi
Tahukah anda bahwa kopi turki disajikan dalam cangkir dan tatakan unik yang sering dilapisi emas? Piring yang dihias dengan indah disajikan diatas nampan perak menunjukkan tanda keramahan yang baik di rumah-rumah Turki. Umumnya cangkir kopi turki bisa dibuat dari keramik atau tembaga. Namun ketika membeli set cangkir kopi, penting sekali bahwa anda harus bertanya apakah set tersebut bisa digunakan  untuk minum atau hanya bisa digunakan untuk hiasan saja. Karena bnayak sekali orang emnjual set dekoratif yang bisa jadi mengandung cat atau campuran logam yag tidak cocok dijadikan peralatan makan. Tetapi ada hal unik disini, jika anda menginginkan set dekoratif buatan tangan dari tembaga, anda bisa pergi ke Pasabahce di Istiklal Caddesi. Lagi-lagi tempat ini sangat direkomendasikan untuk mencari oleh-oleh khas negera Turki.


Untuk mendapatkan satu set cangkir kopi anda perlu mengeluarkan biaya sekitar 200TL. Tetapi jika anda mencari seperangkat yang lebih praktis untuk digunakan dirumah baiknya disarankan membelinya di toko kelontong Turki seperti Migros. Disana anda bisa mendapatkan dengan harga 15 TL.

6. Turkish Delight
Siapa yang tidak mengenal Turkish Delight? Semua orang pasti sudah mengenal Turkish Delight yang di Turki dikenal dengan Lokum. Lokum ini umumnya dibuat dari gula, tepung dan jelly. Di turki anda bisa mencicipi semua rasa yang disediakan disana. Untuk mendapatkan Turkish Delight ini, anda bisa membayarnya 8TL /kg untuk aroma mawar dan sekitar 29 TL/kg untuk yang lebih rumit misalnya berbagai rasa kacang.


Atau anda pernah tau Pismaniye, sejenis makanan atau permen kapas yang tidak terlalu popular di luar Turki. Untuk membeli Lokum, anda bisa menyiapkan 5 -10 TL per kotak. Dan anda bisa dapatkan di Koska, sebuah toko permen Turki yang memiliki cabang di seluruh negeri, termasuk dua di Istiklal Caddesi.

Nah, banyak kan oleh-oleh khas Turki yang bisa kamu bawa pulang untuk sanak saudara di daerahmu.

» Thanks for reading Oleh-oleh yang wajib dibawa saat berkunjung ke Turki