travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Sultan Ahmet Square, Kawasan yang Kaya Obyek Wisata di Turki

Sultan Ahmet Square, Kawasan yang Kaya Obyek Wisata di Turki


TurkiSultan Ahmet Square atau Kawasan Sultan Ahmet mungkin sudah tidak asing bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke Istanbul, Turki. Ya, kawasan ini adalah kawasan tua (old city) favorit wisatawan. Di tempat inilah beberapa bangunan yang menjadi landmark kota Istanbul berdiri, misalnya Masjid Sultan Ahmet (Blue Mosque), Haghia Sophia, Yerebaten Cistern, dan Istana Topkapi. Letak tempat-tempat wisata tersebut cukup berdekatan sehingga semua bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Kawasan yang Kaya Obyek Wisata di Turki


Sultan Ahmet Square, Kawasan yang Kaya Obyek Wisata di Turki
Sultan Ahmet Square, Kawasan yang Kaya Obyek Wisata di Turki

Dulu, Sultan Ahmet Square menjadi ibukota pemerintahan Romawi Timur sampai berpindah kekuasaan pada Kesultanan Ottoman Turki tahun 1453. Tempat ini berada di dataran tinggi kota Istanbul, di sisi sebelah timurnya terdapat Laut Marmara, sedangkan di sebelah utaranya terdapat Selat Bosphorus.

Sahabat wisata muslim, kontur tanah di kota Istanbul yang berbukit-bukit memudahkan para wisatawan melihat pemandangan kota Istanbul, termasuk Istanbul di bagian Asia. Tempat ini memang sangat strategis karena bisa melihat ke segala penjuru. Tak heran jika Raja Constantine XI pada waktu itu bersikukuh tidak mau menyerahkan Istanbul, yang saat itu bernama Constantinople kepada Turki. Ia dan pasukannya bertahan mati-matian mempertahankan bentengnya meskipun posisinya sudah terjepit karena dikepung pasukan Turki dari arah barat dan timur. Sahabat wisata muslim masih bisa menyaksikan benteng-benteng peninggalan Romawi yang berada di sepanjang pantai. Benteng-benteng tersebut masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Obyek wisata di sekitar Sultan Ahmed Square
Beberapa tempat wisata yang ada di kawasan Sultanahmet antara lain sebagai berikut.

Obyek wisata di Sultan Ahmed Square #1: Blue Mosque

paket tour wisata turki, Paket Umroh Plus Turki 2013, paket wisata muslim turki, Sultan Ahmet Square,



Masjid ini dijuluki "masjid biru" karena interiornya yang terdiri dari keramik biru. Masjid ini dibuka untuk umum, jadi tidak dipungut biaya masuk. Orang Turki sendiri menyebut masjid ini sebagai Sultan Ahmet Camii (camii = masjid) karena dibangun oleh Sultan Ahmad.

Obyek wisata di Sultan Ahmed Square #2: Hagia Sophia


Istiklal Caddesi, Paket Umroh Plus Turki 2013, paket wisata muslim turki, tour turki, umrah plus turki, wisata muslim turki,


Bangunan ini disebut juga dengan Aya Sofia. Letak Hagia Sophia berseberangan dengan Blue Mosque. Awalnya, bangunan ini merupakan gereja yang kemudian diubah menjadi masjid. Sekarang bangunan ini adalah sebuah museum, dengan harga tiket masuk 25 TL. Museum ini tutup setiap hari Senin.

Obyek wisata di Sultan Ahmed Square #3: Topkapi Palace

paket tour wisata turki, Paket Umroh Plus Turki 2013, paket wisata muslim turki, Sultan Ahmet Square,


Untuk menuju Topkapi Palace, sahabat wisata muslim keluar dari Hagia Sophia, belok kiri, lalu belok kiri lagi. Dulu, Topkapi Palace merupakan istana atau tempat tinggal Sultan Ottoman selama 400 tahun, yang kini dijadikan museum. Tiket masuk ke Topkapi Palace sekitar 25 TL. Bangunan dan taman Topkapi Palace sangat indah. Di paling ujung istana, sahabat wisata muslim bisa menikmati pemandangan selat Bosphorus. Museum ini ditutup setiap hari Selasa.

Obyek wisata di Sultan Ahmed Square #4: Basilica Cistern

paket tour wisata turki, Paket Umroh Plus Turki 2013, paket wisata muslim turki, Sultan Ahmet Square,


Dalam bahasa Turki, Basilica Sistern disebut dengan Yerebatan Sarnici. Bangunan ini merupakan waduk bawah tanah, yang pernah digunakan sebagai lokasi syuting film James Bond. Tiket masuknya hanya 10 TL. Untuk menuju tempat ini, sahabat wisata muslim keluar dari Hagia Sophia kemudian belok kanan melewati jalur tram.

Obyek wisata di Sultan Ahmed Square #5: Hippodrome

paket tour wisata turki, Paket Umroh Plus Turki 2013, paket wisata muslim turki, Sultan Ahmet Square,


Hippodrome terletak di sebelah Blue Mosque. Dulu, Hippodrome berupa lapangan pacuan kuda pada jaman Romawi. Namun, saat ini yang tersisa tinggal 3 pilar. Di tempat ini terdapat tempat-tempat duduk untuk bersantai setelah lelah berkeliling di Sultan Ahmet Square.

Jarak tempat populer di Istanbul dari Sultan Ahmed Square

Berikut jarak Sultan Ahmet Square ke tempat-tempat populer di Istanbul.
  • Sultanahmet - Grand Bazaar, Masjid Beyazid  1,5  km : 15 menit jalan kaki, naik tram 2 TL.
  • Sultanahmet - Taksim, Istiklal street 5 km  :  naik taxi 15 TL atau  naik tram turun stasiun Karakoy lalu jalan kaki 15 menit.
  • Sultanahmet -  Ferryport (ke Asia side)  2,5  km : 30 menit jalan kaki menyusuri pantai Marmara, naik tram turun stasiun Sirkeci atau Karakoy, naik taksi 7 TL.
  • Sultanahmet - Bandara 40 km : Taxi 50 -60 TL, Metro (M1), dan Tram (T1) 2 x 2 TL.
Sultan Ahmet Square merupakan kawasan turis. Jadi, tak perlu heran jika tempat penginapan pun banyak ditemui di kawasan ini, dari hotel murah meriah sampai hotel berbintang lima. Tarif menginap pun beragam, dari 50-an USD sampai 300 USD per malam.

Menikmati sajian kuliner di Sultan Ahmet Square

paket tour wisata turki, Paket Umroh Plus Turki 2013, paket wisata muslim turki, Sultan Ahmet Square,


Berbicara tentang makanan, sahabat wisata muslim tidak perlu khawatir. Hal ini disebabkan banyaknya restoran yang sangat cozy di kawasan Sultan Ahmet Square,  baik restoran  lokal atau restoran cepat saji semacam Mc Donald atau King Burger. Kafe tradisional dan modern serta warung-warung kebab buka hingga tengah malam.

Soal harga, jangan segan memilih restoran. Jika kantong tidak mau terkuras, sahabat bisa memilih restoran yang memasang daftar harga. Dengan demikin, sahabat wisata muslim bisa menyesuaikan jenis makanan dengan budget yang tersedia. Kalau kebab dengan roti atau pilav (nasi) harganya hanya sekitar 2,5 sampai 4 TL. Jika ingin makan yang menunya beragam, sahabat wisata muslim dapat mengunjungi lokanta, mirip dengan warung prasmanan di Indonesia atau restoran Padang dengan harga  tergantung pilihan lauk, tapi rata-rata sekitar 6 - 10 TL.

Sultan Ahmet Square di waktu malam sangat cantik, dengan lampu-lampu yang beraneka warna. Di depan Blue Mosque disediakan banyak bangku panjang berderet. Bangku-bangku ini sengaja disediakan untuk orang-orang bersantai.

Pada malam hari, di taman yang terletak antara Hagia Sophia dan Blue Mosque  ini, ada atraksi air mancur  dengan pancaran sinar warna-warni yang menakjubkan. Karena sangat nyaman, banyak pengunjung yang datang sekadar duduk-duduk dan bersantai menikmati tempat ini. Pokoknya, sahabat wisata muslim bakal betah jika sudah berada di sana, ingin berlama-lama, dan tidak ingin segera beranjak pergi.

Tidak jauh dari Blue Mosque terdapat jalan utama di Sultan Ahmet Square. Jalannya termasuk sangat kecil dibandingkan jalan-jalan di Jakarta dan mobil pun tidak terlalu banyak yang lewat. Disebabkan jalan utama ini juga digunakan untuk lalu-lintas trem, wisatawan harus hati-hati bila melewati jalan ini.

Demikian artikel mengenai Sultan Ahmed Square, Kawasan yang Kaya Obyek Wisata di Turki. Bagi sahabat wisata muslim yang ingin berwisata ke Turki jangan lewatkan untuk mengikuti Hematnya Paket Tour Wisata Muslim Turki Promo 2016 dan Umroh Plus Turki. Hubungi segera Cheria Wisata ya. Dengan Cheria Tour & Travel, wisata jadi nyaman, ibadah pun jadi tenang.

Tour Ke Turki


Cheria Wisata juga masih menyediakan pilihan destinasi lainnya yang bisa Anda ikuti. Ayo daftar segera dan jangan sampai melewatkan keseruan berlibur ke berbagai destinasi bersama dengan Cheria Wisata! Untuk berkonsultasi langsung mengenai Promo Paket Tour Wisata Muslim ini silahkan menghubungi kami.

NOW! Paket Umroh Plus Turki Promo Desember 2016
Limited...


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^






Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Sultan Ahmet Square, Kawasan yang Kaya Obyek Wisata di Turki