travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Ini Dia 10 Aturan Penggunaan Sumpit Di Jepang

Ini Dia 10 Aturan Penggunaan Sumpit Di Jepang


Tak dapat dipungkiri bahwa selain sehat, masakan dari negeri Jepang juga memiliki rasa yang enak. Masyarakat Jepang merupakan masyarakat yang lebih banyak menggunakan sumpit ketika makan. Jika Anda berencana untuk berlibur ke Jepang, ada baiknya Anda belajar menggunakan sumpit terlebih dahulu jika sebelumnya Anda tidak terbiasa menggunakan sumpit. Sumpit Jepang ^O^

Aturan Penggunaan Sumpit Di Jepang


10 Aturan Penggunaan Sumpit Di Jepang
10 Aturan Penggunaan Sumpit Di Jepang


Ketika Anda makan dengan orang Jepang, mereka mungkin akan mengerti dan akan memaafkan Anda jika Anda melakukan beberapa kecerobohan. Tapi tentu tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa aturan-aturan penggunakan sumpit di Jepang bahkan bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan sumpit.

Nah berikut ini adalah 10 Aturan Penggunaan Sumpit Di Jepang yang wajib Anda ketahui sebelum berlibur ke negeri sakura tersebut, diantaranya :

Pegang sumpit Anda dengan benar

Mudah sekali untuk dikatakan. Untuk orang yang benar-benar tidak terbiasa menggunakan sumpit, tentu ini merupakan pekerjaan yang cukup menyita waktu. Anda bisa melihat bagaimana orang lain menggunakan sumpit dan belajar darinya.

paket tour jepang 2014
Pegang Sumpit Yang Benar


Perbanyak latihan misalnya ketika Anda makan di rumah. Ketika akan menikmati makanan Jepang, sebaiknya tidak lebih dahulu memegang sumpit sebelum mengambil mangkuk nasi. Biasanya seseorang suka memainkan sumpit sebelum makanan datang. Hal tersebut adalah salah. Ambillah mangkuk terlebih dahulu letakaan mangkuk baru mengambil sumpit.

Jangan makan langsung dari piring yang sama

Ambil makanan dari piring yang dipakai bersama (piring yang berisi lauk atau sayur) lalu tempatkan di piring Anda sendiri atau mangkuk sebelum memakannya.

paket tour muslim jepang 2014
Tidak Makan Langsung Dari Piring Yang Sama


Jika Anda ingin memberikan makanan yang terdapat pada piring yang dipakai bersama pada orang lain, Anda bisa membalikkan ujung sumpit ketika hendak memberikan makanan pada orang lain. Hal ini dapat diterima jika tidak ada sumpit yang bisa dipakai bersama.

Gunakan dudukan sumpit Anda

Banyak restoran Jepang akan memberikan dudukan sumpit. Bila Anda sedang tidak menggunakan sumpit, tempatkan pada dudukan yang disediakan. Pada sumpit sekali pakai (waribashi), Anda tidak akan diberikan dudukan.

sumpit jepang
Menggunakan Dudukan Sumpit

Namun, Anda dapat menggunakan bungkus sumpit sebagai dudukan. Sumpit tidak boleh ditempatkan tegak di nasi karena hal ini menyerupai upacara yang dilakukan saat pemakaman di Jepang.

Jangan melayangkan sumpit Anda

Jangan menggerak-gerakan (hover) sumpit Anda ke atas semua hidangan ketika berpikir apa yang Anda inginkan. Hal ini dianggap serakah (sashi bashi).

Jangan menggali

Ambil makanan mulai dari atas piring. Jangan menggali makanan di piring seperti sedang mencari sesuatu.

Jangan menjilat

Jangan menjilat ujung sumpit (Neburi bashi). Memang tak bisa dipungkiri, menjilati sisa makanan yang menempel di sumpit itu sebuah kenikmatan tersendiri. Tapi mohon maaf sekali lagi, orang Jepang tidak mau tahu dan tidak ingin tahu nikmatnya kebiasaan ini. Bagi mereka tetap itu sebuah ketidak sopanan, jadi jangan lakukan kebiasaan ini.

Hati-hati memberikan makanan kepada orang lain

Jangan pernah berbagi makanan dari sumpit ke sumpit karena ini menyerupai kebiasaan pada acara pemakaman di Jepang saat kremasi ketika tulang dipindahkan ke guci. Hanya di pemakaman, tulang dari tubuh dikremasi dan diberikan dari orang ke orang.

paket tour muslim jepang
Memindahkan Makanan Dengan Sumpit


Anda dapat memindahkan makanan menggunakan sumpit Anda ke piring orang lain, tetapi pastikan agar mereka mendekatkan piring untuk Anda jika terdapat jarak. Idealnya Anda dapat meminta sepasang sumpit baru yang ditempatkan di tengah meja dan digunakan setiap kali seseorang perlu untuk memindahkan makanan untuk orang lain.

Sumpit bukan mainan

Jangan menunjuk dengan sumpit ketika Anda berbicara atau memegang sumpit untuk waktu yang lama ketika tidak sedang makan. Jangan pernah menggosok sumpit berulang-ulang secara bersamaan setelah Anda memisahkannya karena merupakan tanda bahwa Anda berpikir itu adalah sumpit murah.

Jangan menyilangkan sumpit ketika menaruhnya di meja

Pastikan tempatkan sumpit Anda pada posisi sejajar. Jangan pernah menaruh sumpit dalam posisi bersilangan satu sama lain karena menurut kebudayaan Jepang hal itu melambangkan upacara kematian.

paket tour jepang murah
Jangan Menyilangkan Sumpit

Jangan mengaduk makanan dengan sumpit

Hal ini juga termasuk aturan yang sangat sulit dihindari, biasanya hidangan berkuah seperti miso soup atau ramen sangat menggoda untuk diaduk terlebih dahulu agar campuran bumbu bisa merata, akan tetapi hal ini juga dipandang tidak sopan bagi orang orang Jepang.


tips liburan ke jepang
Jangan Mengaduk Makanan Dengan Sumpit


Ingatlah selalu jika sumpit bukanlah sekedar dua buah stick kembar untuk mengantarkan makanan kedalam mulut seseorang, terlepas dari fungsinya sendiri sumpit merupakan perlambangan dari warisan kebudayaan, jadi hargailah. Ada banyak perbedaan dalam tata cara penggunaan sumpit baik di negara lain seperti Korea atau China juga memiliki tata cara mereka sendiri, jadi bijaklah dalam menggunakan sumpit dan sesuaikan dengan kondisi budaya yang ada disekitar Anda.

Tour Jepang Murah Cheria


Nah bagi Anda yang ingin mempraktekkan langsung penggunaan sumpit yang baik dan benar di Jepang, yuk ikutan aja Paket Promo Tour Wisata Jepang yang akan memberikan warna baru bagi liburan Anda bersama keluarga.

Semoga artikel Ini Dia 10 Aturan Penggunaan Sumpit Di Jepang bisa memberikan wawasan yang bermanfaat bagi Anda semua ya. Selamat berlibur!


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^







Salam +Cheria Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Ini Dia 10 Aturan Penggunaan Sumpit Di Jepang