travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Nuansa Klasik Masjid Sakirin Turki

Nuansa Klasik Masjid Sakirin Turki


Dari keberadaan kubah sampai ke ornament air mancurnya, masjid yang berukuran tak terlalu besar ini menjadi salah satu penanda era baru desain dan arsitektur rumah ibadah di Turki. Nama masjid nya adalah sakirin mosque. Arsitektur pembangunan masjid yang berada di kawasan ‘asia-nya’ Istanbul itu sebenarnya adalah husrev tayla, namun karena alasan tertentu desain bangunannya di lanjutkan kemudian oleh muridnya yang bernama zeynep fadillioglu.

Zeynep pun meng-implemantasikannya lewat sebuah kompleks masjid seluas 10,000 m2 bernuansa klasik-modern dengan kapasitas jama’ah sebanyak 500 orang. Menariknya, zeynep tidak bekerja seorang diri, ia juga dibantu oleh banyak seniman dan pengrajin ternama di turki. Tak heran, karena desain garapannya serta kemampuannya bekerja sama ini ia pun di nobatkan menjadi ‘wanita pertama di dunia yang mendesain bangunan masjid’.

Karena begitu banyaknya aspek detail yang mesti di perhatikan, sakirin mosque di bangun dalam 4,5 tahun lamanya. Bagi para wisatawan dan penyuka jalan-jalan yang berkunjung kesana, desain eksteriornya yang indah adalah yang pertama kali menarik perhatian.

Simple tapi indah, itulah kesan yang akan di dapatkan dari tampak luar bangunan yang melibatkan seniman dalam dan luar negeri Turki tersebut. Ada dua buah menara yang terlihat. Namun keduanya tak di lengkapi oleh balkoni dimana panggilan azan biasanya di perdengarkan lewat loud-speaker.

 Masjid Sakirin


 Masjid Sakirin 


Sepintas, kedua menara tersebut berbentuk layaknya menara-menara gereja. Kubah masjidnya sendiri di lapisi oleh panel-panel yang terbuat dari bahan alumunium. Di malam hari, kubah ini bersinar biru kemilau oleh cahaya ultra modern. Adalah arnold chan, seniman asal inggris yang bertanggung jawab atas pengerjaan kubah berberntuk ‘kulit kerang-nya’ sakirin mosque.

Pengunjung yang mendatangi sakirin mosque juga bisa menyaksikan batu berwarna abu-abu tua yang mendominasi bagian luar kompleks masjid-nya. Khusus tata letak batu-batu yang spesial di datangkan dari kawasan kayseri, turki tersebut menjadi menjadi tanggung jawab dari seorang arsitek dan pelukis terkenal, kadir akorak.

Di bagian luar juga terdapat sebuah kolam air mancur yang seakan sengaja di tempatkan di sana untuk menyambut kehadiran para jama’ah atau pengunjung yang datang. Sebuah ornament berbentuk setengah bola (sphere) dengan permukaan kaca di letakkan di tengah- tengahnya. Jika pengunjung menyaksikan ornament setengah bola (sphere) tersebut, pantulan bayangan kubah masjid dan menaranya yang indah akan bisa di saksikan.

 Masjid Sakirin 


Nuansa Klasik Masjid Sakirin Turki
Nuansa Klasik Masjid Sakirin Turki


William Pye, pematung terkenal asal london, inggris yang membuat kolam air mancur beserta sphere-nya yang indah. Dari bagian luar, sebuah susunan anak tangga akan mengantarkan pengunjungnya ke dalam bangunan masjid. Siapa saja yang melangkah ke dalam bangunan masjid akan segera di sambut oleh dominasi warna biru kehijauan dari altar yang berada di ujung tengah ruangan.

Di tengah altar terdapat pula warna kuning menyala yang menarik mata siapa saja yang memandangnya. Begitu indah nya altar yang berada di sakirin mosque, sehingga pengunjung yang memasuki aula utamnya akan melupakan kelembutan karpet dari bahan bulu onta yang terhampar di keseluruhan permukaan lantainya. Tak jauh dari altar, di sebelah kanannya, sebuah mimbar yang unik bisa di saksikan.

Dari jauh, mimbar ini seakan bertuliskan kaligrafi di permukaannya, namun jika di dekati, mimbar yang memiliki 12 susunan anak tangga tersebut ternyata memiliki ornament berbentuk daun di hampir seluruh permukaannya. Mimbar yang berada di sakirin mosque adalah hasil karya dari tayfun erdogmus, seorang dekan di fakultas seni marmara university, Istanbul.

Setiap detail ornament yang berada di bangunan sakirin mosque selalu melibatkan hasil karya para seniman terkenal. Beberapa diantara ornament – ornament tersebut adalah lampu gantung yang berada di tengah ruangan aula yang merupakan hasil karya dari nahide buyukkaymakci. Di lampu gantungnya sendiri terdapat 99 asmaul husna (sifat-sifat Allah) dan surat Nur.

Yang menambah keindahan dari keberadaan lampu gantung ini adalah bentuk dan tata letaknya yang menggambarkan tetesan air hujan (kasih sayang Tuhan) yang jatuh ke bawah. Sementara di sekeliling aula terdapat pula kaligrafi hasil karya seniman kaligrafi terkenal heseyin kutlu dan kaca mozaik hasil kerja dari seniman orhan kocan.

Bangunan utama sakirin mosque ‘tertutup’ oleh permukaan kaca di 3 bagian-nya. Hal ini menjadikan cahaya menjadi mudah menerangi bagian dalam bangunan. Meski demikian, tata letak dan ornament permukaan kaca-nya menjadikan pengunjung dari luar tak mudah untuk menyaksikan bagian dalam bangunan, sementara pengunjung atau jama’ah yang berada di dalam tak akan kesulitan untuk melihat keadaan di sekeliling bangunan.

Sakirin mosque juga di lengkapi dengan ruangan museum di salah satu sudut kompleksnya. Pengunjung yang datang bisa menyaksikan empat buah karpet bergambar ka’bah yang khusus di beli dari balai lelang terkenal di dunia yaitu southebys auction house. Selain itu terdapat pula koleksi keramik-keramik buatan pengrajin di iznik serta beberapa warisan seni islam turki.

Kebersihan menjadi bagian penting dari bangunan masjid ini. Di dalam kompleksnya terdapat kamar mandi dengan desain mewah layaknya kamar mandi yang kerap di saksikan di hotel- hotel bintang lima.

Khusus untuk menjaga kebersihannya pengelola masjid menyewa salah satu perusahaan cleaning service di Turki. Sebagai tambahan, kompleks sakirin mosque juga di lengkapi dengan pendingin udara penghangat ruangan, proyektor untuk presentasi dan perlengkapan tata suara yang modern.

Jalan Jalan Ke Turki Murah


Banyak atraksi dan obyek wisata menarik menanti Anda di Turki ini, jangan lewatkan mengunjungi kota – kota unik jika menghabiskan liburan di Turki. Hubungi Cheria Wisata ya untuk referensi perjalanan Anda ke Turki, Anda bisa juga lho mengambil  Paket Tour Ke Turki dan Umroh Plus Turki dari Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :

Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel jika berminta hubungi cs kami.

» Thanks for reading Nuansa Klasik Masjid Sakirin Turki