travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Ueno Park, Taman Pemberian Sang Kaisar Jepang

Ueno Park, Taman Pemberian Sang Kaisar Jepang


Ueno Park adalah sebuah taman luas yang terletak di Distrik Taito, Tokyo, Jepang. Awalnya, taman ini adalah lokasi Kuil Kan’ei-ji yang merupakan kuil terbesar dan terkaya oleh keluarga Tokugawa. Namun, Kan’ei-ji mengalami kehancuran selama Perang Bohsin pada tahun 1868 M. 

Ueno Park, Taman Pemberian Sang Kaisar Jepang
Ueno Park, Taman Pemberian Sang Kaisar Jepang

Pertempuran yang dimenangkan pasukan Meiji ini mengharuskan masyarakat Jepang mengikuti perombakan berdasarkan “Restorasi Meiji”. Selanjutnya, bagian dasar candi dikonversi menjadi salah satu taman dengan gaya arsitek barat di Jepang, yaitu Ueno Park.

Ueno Park selesai dibangun dan dibuka pada tahun 1876 M. Pada tahun 1882 M, dimulailah pembangunan Kebun Binatang Ueno dan Museum Nasional Tokyo. Sementara pada tahun 1924 M, Ueno park secara resmi diserahkan kepada pemerintah kota Tokyo oleh Bagian Rumah Tangga Kekaisaran. Itulah yang menyebabkan Ueno Park diberi nama Ueno Koen Onshi, yang berarti “Taman Ueno Pemberian Kaisar”.

Ueno Park terkenal dengan banyaknya museum yang bisa ditemui di sekitarnya. Selain itu, terdapat pula kebun binatang tertua dan terbesar di Jepang. Nah, sahabat wisata muslim, berikut beberapa obyek wisata yang bisa kita kunjungi selama berada di Ueno Park.

Objek Wisata Yang Berada di Ueno Park



Museum Nasional Tokyo



Tokyo National Museum
Tokyo National Museum

Museum Nasional Tokyo (Tokyo National Museum) merupakan museum tertua dan terbesar di Jepang. Museum ini terdiri dari lima bangunan yang terpisah. Bangunan ini dibuat terpisah karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Museum ini dibuka sejak pukul 09.30 pagi sampai pukul 06.00 malam. Untuk memasuki museum ini, pengunjung dikenakan tarif dan museum ditutup pada hari libur.


Museum Seni Metropolitan Tokyo



Museum Seni Metropolitan Tokyo (Tokyo Metropolitan Art Museum) dibuka pada bulan April 2012. Museum ini menampilkan banyak seni dan galeri. Namun, tidak banyak koleksi permanen yang bisa ditemui dalam bangunan ini. Museum Seni Metropolitan Tokyo terbuka untuk umum dan tidak adanya pungutan bagi pengunjung yang ingin masuk.

Museum Sains Nasional


Museum Sains Nasional - Tokyo
Museum Sains Nasional

Museum Sains Nasional merupakan museum ketiga yang ada di Ueno park dan paling banyak dikunjungi oleh para pelajar dan wisatawan mancanegara. Di dalam museum ini terdapat 100.000 benda seni dan sejarah tentang awal beririnya negara Jepang. Untuk memasuki museum ini, para pengunjung dikenakan tarif masuk. Museum ini terbuka untuk umum mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 05.00 sore. Pada hari-hari tertentu, museum ini terbuka hingga pukul 08.00 malam.

Museum Nasional Seni Barat


Museum Nasional Seni Barat (National Museum of Western Art) adalah museum yang khusus menampilkan seni barat. Museum ini dibuka setiap hari pada pukul 09.30 pagi sampai 17.30 malam tanpa terkecuali. Untuk memasuki museum ini, pengunjung dikenakan tarif masuk.

Museum Shitamachi


Shitamachi Museum - Tokyo
Shitamachi Museum

Museum Shitamachi (Shitamachi Museum) memamerkan nostalgia dan rekontruksi tentang kehidupan Tokyo sebelum masa restorasi Meiji. Museum ini dibuka setiap hari dari pukul 9.30 pagi sampai pukul 05.30 sore. Untuk memasuki museum ini, pengunjung dikenakan tarif masuk.

Ameya Yokocho


Ameya Yokocho adalah nama pasar tradisional yang terletak di depan Stasiun Ueno dan berseberangan dengan Ueno Park. Pasar ini menjual beragam jenis sayuran dan kebutuhan pokok lainnya.


Kuil Yushima Tenjin


Yushima Tenjin Shrine - Tokyo
Yushima Tenjin Shrine

Inilah kuil yang sangat terkenal di Ueno Park, yaitu Yushima Tenjin Shrine. Kuil ini terletak di dekat stasiun Okacimahi. Yushima Tenjin Shrine didirikan pada tahun 1355 M yang dikhususkan bagi para pemeluk agama Shinto. Selain itu, tempat ini juga sangat populer bagi para pelajar untuk berdoa dan meminta agar disukseskan dalam ujian sekolah mereka. Wajar jika sebagian orang juga menyebut kuil ini dengan sebutan “Kuil Pelajar”.

Kuil Toshogu


Kuil Toshogu dibangun pada tahun 1617 M dan terkenal dengan sejarah bangunan arsitekturnya. Kuil ini terbuka setiap saat untuk umum dan untuk mengunjunginya para pengunjung tidak perlu membayar tiket apa pun.

Kebun Binatang Ueno


Kebun Binatang Ueno - Tokyo
Kebun Binatang Ueno

Inilah kebun binatang tertua dan terkenal di Jepang, Kebun Binatang Ueno. Kebun binatang ini dibuka pada tanggal 20 maret 1882 M. Untuk mencapai tempat ini, sahabat cukup berjalan kaki selama kurang lebih lima menit dari pintu keluar Stasiun Ueno. Untuk bisa masuk ke dalam kebun binatang ini, para pengunjung juga dikenakan tiket masuk.


Patung Saigo Takamori



Di samping itu, terdapat sebuah patung yang terkenal yang terletak di sebelah selatan pintu masuk Ueno Park, yaitu patung Saigo Takamori bersama seekor anjing. Patung perunggu hasil karya Takamura Koun ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada Saigo Takamori. Dialah yang dikenal sebagai klan samurai terakhir. Bagi para pecinta film bela diri Jepang, cerita tokoh ini diadopsi dalam film berjudul “The Last Samurai”.

Nah, sahabat wisata muslim, demikian sekilas gambaran tentang Taman Ueno atau Ueno Park. Bagi sahabat wisata muslim yang ingin menikmati indahnya bunga Sakura, sahabat bisa mengunjungi Taman Ueno pada musim semi.

Paket Tour Jepang Halal Cheria

Ingin berwisata ke Jepang? Ikuti Paket Tour Wisata Muslim Jepang yang diselenggarakan oleh Cheria Tour & Travel.  Dengan Cheria Tour & Travel, wisata jadi tenang dan menyenangkan. Kunjungi juga ya kilasan wisata Ueno Park Jepang tersebut dalam video singkat kami dibawah ini.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Halal Jepang bersama Cheria Wisata ^O^





Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Ueno Park, Taman Pemberian Sang Kaisar Jepang