travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Festival Hinamatsuri Pada Musim Semi Di Jepang

Festival Hinamatsuri Pada Musim Semi


Jepang, di negara ini ada begitu banyak festival yang sangat menarik. Hampir setiap musim selalu ada festival yang diselenggarakan. Salah satu dari banyak festival yang ada pada musim Semi adalah Hinamatsuri  dalam paket paket tour muslim ke Jepang

Festival Hinamatsuri Pada Musim Semi Di Jepang
Festival Hinamatsuri Pada Musim Semi Di Jepang

Hinamatsuri diadakan setiap tanggal 3 Maret di Jepang yang bertujuan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan dalam suatu keluarga. Keluarga yang memiliki anak perempuan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyō (雛人形, boneka festival). Perayaan ini sering disebut Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan karena berawal dari permainan boneka di kalangan putri bangsawan yang disebut hiina asobi (bermain boneka puteri).

Satu set boneka itu terdiri dari boneka kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkawina tradisional yang ada di Jepang. Boneka itu memakai pakaian kimono gaya zaman Heian. Sebelum hari perayaan tiba, anak-anak perempuan membantu orang tua mereka mengeluarkan boneka dari kotak penyimpanan untuk dipajang. Sehari sesudah Hinamatsuri, boneka harus segera disimpan karena dipercaya sudah menyerap roh-roh jahat dan nasib sial.

Susunan Boneka 


Susunan Boneka
Susunan Boneka Hinamatsuri

Boneka itu diletakan di atas panggung bertingkat yang disebut dankazari (tangga untuk memajang) yang sebelumnya diberi alas selimut tebal berwarna merah yang disebut hi-mōsen. Sebagai latar belakangnya biasa dipasang dengan miniatur tirai lipat (byōbu). Di sisi kiri dan kanan ada miniatur lampion (bombori). Selain itu, perlengkapan lain yang ada yaitu miniatur pohon sakura dan pohon tachibana, potongan dahan buah persik sebagai hiasan.

Di tangga paling atas terdapat boneka kaisar dan permaisuri. Tangga kedua terdapat tiga boneka puteri istana. Tangga ketiga terdapat lima boneka pemusik. Tangga keempat terdapat dua boneka menteri. Tangga kelima terdapat tiga pesuruh  pria. Tangga ke enam terdapat barang yang digunakan di dalam kediaman. Dan terakhir, tangga ketujuh terdapat barang yang digunakan ketika jauh dari kediaman.

Hanami
Hanami Di Jepang

Musim semi ditandai dengan munculnya tunas baru pada tumbuhan. Tentu saja termasuk bunga-bunga. Musim semi adalah saat mekarnya bunga sakura, dan saat melakukan hanami, acara menonton bunga sakura. HANAMI telah tiba kembali dan disambut gembira seluruh rakyat di negeri sakura tanpa terkecuali. Inilah saat yang paling dinanti-nanti oleh semua warga Negara Jepang termasuk warga Negara asing yang sedang menetap di negeri sakura.

Tour Murah Jepang


Mekarnya bunga sakura di jepang mempunyai waktu yang berbeda-beda, dimulai di bulan Januari di Okinawa dan sampai di daerah kantou/Tokyo sekitar akhir Maret sampai April. Terakhir di Hokkaido pada bulan Mei. Datanglah ke Festival ini ketika Anda menghabiskan liburan musim semi di Jepang dengan Paket Tour Wisata Muslim Jepang, jangan lupa hubungi Cheria Wisata ya.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^


Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Festival Hinamatsuri Pada Musim Semi Di Jepang