Terungkap Sejarah Kota Metropolitan Tokyo, Jepang | Cheria Holiday Terungkap Sejarah Kota Metropolitan Tokyo, Jepang

Terungkap Sejarah Kota Metropolitan Tokyo, Jepang

Terungkap Sejarah Kota Metropolitan Tokyo, Jepang


Hai sobat cheria, kalo ke negara Jepang kira-kira kita mau ke kota mana? Jika mau ke kota Metropolitan ala-ala jepang, ya ke Tokyo pastinya. Yuk intip sejarah Tokyo;


Sejarah Kota Tokyo


Tokyo asalnya merupakan desa perikanan kecil yang bernama Edo. Kebayankan kampong nelayan Pada tahun 1457, di bangunlah sebuah istana oleh Ota Dōkan. Pada tahun 1590, Tokugawa Ieyasu berbasis di Edo, dan setelah menjadi shogun pada tahun 1603, kota ini menjadi pusat administrasi tentaranya untuk seluruh negara. Inilah cikal bakal Tokyo akan menjadi sebuah pusat kesibukan.

Akhirnya pada zaman Edo, Edo menjadi salah satu kota terbesar di dunia dengan jumlah penduduk mencapai sejuta orang menjelang abad ke-18.
Tokyo Imperial Palace
Tokyo Imperial Palace

Edo menjadi ibukota de facto di Jepang, meskipun kaisar tinggal di Kyoto, ibu kota kerajaan. Setelah sekitar 263 tahun, pemerintah shogun digulingkan di bawah bendera pemulihan pemerintahan kaisar. Pada tahun 1869, ketika Kaisar Meiji pindah ke Edo di usia 17 tahun, Tokyo sudah menjadi pusat politik dan kebudayaan negara, kemudian dijadikan ibu kota kerajaan de facto oleh istana sementara bekas Istana Edo menjadi Istana Kerajaan.

Kota Tokyo didirikan lalu tetap menjadi ibu kota negara sehingga status kotanya dicabut pada tahun 1943 untuk digabungkan dengan "Wilayah Metropolitan" Tokyo.

Sayangnya, Tokyo mengalami dua bencana hebat pada abad ke-20, tetapi untungnya kota ini dapat pulih dari keduanya. Salah satunya adalah gempa bumi Kantō 1923 yang menyebabkan 140.000 penduduk tewas atau hilang, dan yang kedua adalah Perang Dunia II, ketika Tokyo dibom bertubi-tubi pada tahun 1944 dan 1945, menyebabkan 75.000 hingga 200.000 orang tewas dan separuh kota hancur.

Setelah perang, Tokyo dibangun kembali, dan berkilauan di mata dunia ketika Olimpiade Musim Panas 1964 diadakan di kota ini. Zaman 1970-an menyaksikan pembangunan pencakar langit seperti Sunshine 60, konstruksi bandara baru yang kontroversial di Narita (yang agak jauh dari perbatasan kota) pada tahun 1978, dan peningkatan jumlah penduduk hingga sekitar 11 juta (dalam lingkungan wilayah metropolitan).
Kota Metropolitan Tokyo
Kota Metropolitan Tokyo, Jepang

Jaringan kereta bawah tanah dan komuter Tokyo menjadi salah satu yang tersibuk di dunia karena semakin banyak orang yang pindah ke wilayah Tokyo. Pada 1980-an, harga properti melangit dalam penggelembungan harga aset Jepang. Setelah gelembung itu meledak pada 1990-an, banyak perusahaan, bank, dan banyak orang yang terikat utang hipotik, sehingga terjadilah resesi besar yang membuat era 1990-an sebagai "dekade hilang" di Jepang, tetapi kemudian berangsur-angsur membaik.

Proyek reklamasi tanah di Tokyo juga berlanjut selama berabad-abad lamanya, terutama di wilayah Odaiba yang dijadikan daerah belanja dan hiburan utama.

Tour Ke Jepang


Nah seperti itulah sejarah singkat Tokyo dengan gemerlap kemajuannya negara Jepang. Mau melihat langsung perjalanan sejarah Tokyo dan Liburan ke Jepang?

Ayo ikut paket wisata bersama Cheria Halal Holiday? 😊



Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Terungkap Sejarah Kota Metropolitan Tokyo, Jepang