Mulai dari Souvenir Hingga Makanan, Inilah 10 Oleh-oleh Khas Turki yang Wajib Dibeli

10 Oleh-oleh Khas Turki yang Wajib Dibeli

Turki merupakan salah satu negara di Eropa (sekaligus berbatasan dengan Asia), yang sering dikunjungi para wisatawan. Apalagi setiap tahunnya di bulan April diadakan festival Bunga Tulip Turki yang menampilkan koleksi bunga tulip yang indah dan cantik. Makanya tidak heran kalau perjalanan ke Turki mulai meningkat menjelang perayaan festival tahunan tersebut.

Selain tempat wisata di Turki yang wajib dikunjungi, para wisatawan sebaiknya tidak melewatkan untuk membeli buah tangan khas dari Turki, mulai dari makanan hingga souvenir khas. Apalagi oleh-oleh khas Turki ini mungkin saja sangat jarang ditemui di negara lain, maka ini adalah kesempatan sobat traveler untuk membelinya.

Seperti dilansir dari hot.liputan6.com, berikut adalah 10 oleh-oleh khas Turki yang wajib dibeli saat sobat liburan ke Turki :

1. Tembikar Iznik

Tembikar Iznik
Image : sibukliburan.id

Untuk melihat secara langsung, sobat bisa mendatangi Istana Topkapi di Kota Istanbul. Tapi kalau mau beli, bisa langsung ke arah barat laut Kota Iznik. Tembikar Iznik merupakan kerajinan keramik yang dihiasi dengan seni Cini. Seni ini merupakan seni yang berkembang dari abad ke-15 hingga akhir abad ke-17.

2. Sutra Foulards

Kain Sutra
Image : travelingeropa.com

Pada awalnya, pusat penghasil kain tenun yang bersejarah di Turki berada di Kota Bursa pada zaman Utsmani. Tapi saat ini dipegang oleh Kota Denizli sebagai penghasil kain tenun di dunia. Dan salah satu kain sutra yang terkenal adalah Foulard dan Syal.

3. Karpet Turki

Karpet Turki Hereke
Image : indonesian.alibaba.com

Negara Turki identik dengan kerajinan karpetnya. Maka ketika sobat liburan ke Turki, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli karpet asli dari Turki. Pabrik karpet tertua di Turki berada di Kota Hereke yang terletak di barat laut Kocaeli yang berdekatan dengan Istanbul. Bahkan sebagian besar karpet yang ada di istana bersejarah di Kota Istanbul diproduksi dari Kota Hereke.

4. Cezve

Cezve Turki
Image : en.wikipedia.org

Bagi para penikmat kopi ala Turki khususnya, kalian harus membeli panci khusus yang bernama Cezve untuk menyeduh kopi menjadi lebih nikmat. Panci ini terbuat dari tembaga, seng atau aluminium. Biasanya banyak dijumpai di Grand Bazaar di Kota Istanbul.

5. Lampu Kaca Mosaik

Lampu Hias Mosaik Turki
Image : id.aliexpress.com

Bagi penyuka barang antik, kalian bisa menjumpainya di Grand Bazaar di Istanbul, atau bisa juga di bazaar bersejarah lainnya yang ada di Turki. Oleh-oleh khas Turki ini adalah sebuah seni tradisional yang ada di tengah masyarakat di zaman Utsmani.

6. Batu Oltu

Batu Oltu Turki
Image : grandbazaarist.com

Oleh-oleh ini bisa dijumpai di Erzurum, lebih tepatnya di distrik Oltu yang punya nilai sejarah yang tinggi. Batu ini merupakan batu semi-logam mulia, yang biasa digunakan untuk membuat anting, kalung, cincin, gelang, pipa rokok, pin dasi hingga tasbih. Batu Oltu biasa disebut juga amber hitam. Uniknya, batu yang punya bobot ringan ini bisa membakar suatu benda hanya dengan menggosok ke permukaan benda tersebut.

7. Hosmerim

Hosmerim Turki
Image : worldfood.guide

Hosmerim merupakan makanan penutup khas musim panas yang banyak dijumpai di Provinsi Balikesir. Makanan yang termasuk ke dalam makanan ringan ini terdiri dari kandungan semolina dan juga keju, sehingga terasa lezat dan gurih. Sobat traveler bisa mengunjungi distrik Havran Balikesir kalau ingin membeli makanan tersebut. Bahkan di tempat ini Hosmerim sudah ada sejak 500 tahun lalu loh.

8. Baklava

Makanan Khas Turki Baklava
Image : inibaru.id

Satu lagi makanan penutup khas Turki, yakni Baklava yang cukup populer di kawasan Timur Tengah, Balkan dan juga Asia Selatan. Baklava terbuat dari campuran kacang-kacangan yang ditabur di antara lembaran-lembaran adonan. Untuk menambah rasa nikmat dan cita rasa, Baklava kemudian disiram dengan sirup gula sebelum disantap.

Makanan ini termasuk awet loh, bahkan bisa bertahan hingga tiga hari. Meski Baklava bisa dijumpai di berbagai tempat di Turki, tapi sobat traveler bisa membeli Baklava di Kota Gaziantep.

9. Buah Kering

Buah Kering Khas Turki
Image : beritaturki.com

Provinsi Malatya di Turki diklaim sebagai penghasil hampir 85 persen aprikot di dunia. Makanya ketika sobat liburan ke wilayah ini, jangan lupa untuk membeli berbagai macam aprikot kering serta buah kering lainnya.

10. Teh Trabzon

Teh Trabzon Turki
Image : pixabay.com

Kebiasaan mengonsumsi teh juga bisa dijumpai di Turki loh. Kota Trazbon merupakan salah satu sentra produksi penghasil teh yang ada di daerah Laut Hitam. Di sini para wistawan bisa menjumpai berbagai jenis teh yang mungkin saja tidak bisa dijumpai di daerah lainnya, seperti Istanbul dan juga Ankara.

Nah demikian 10 oleh-oleh khas Turki, mulai dari makanan hingga souvenir yang bisa kalian beli saat liburan ke Turki. Jangan lupa ya guys, kalau ingin liburan bersama keluarga dan mencoba salah satu oleh-oleh Turki tersebut, segera hubungi Cheria Holiday untuk memilih Paket Tour Turki.

Terima kasih dan selamat liburan!

Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Holiday ^O^


Salam +Cheria Holiday, Jika berminat hubungi segera cs kami.

Belum ada Komentar untuk "Mulai dari Souvenir Hingga Makanan, Inilah 10 Oleh-oleh Khas Turki yang Wajib Dibeli"

Posting Komentar

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel